Di Mitra 5,482 Wajib KTP Belum Perekaman, Dapat Pujian Disdukcapil Provinsi

Disdukcapil Minahasa Tenggara (Mitra), terus menyelesaikan perekaman Kartu tanda penduduk (KTP) elektornik (El) bagi masyarakat wajib KTP.

Di Mitra 5,482 Wajib KTP Belum Perekaman, Dapat Pujian Disdukcapil Provinsi
TRIBUN MANADO/CHRISTIAN WAYONGKERE
Pertemuan Kadisdukcapil Mitra David Lalandos dan Kadisdukcapil Provinsi Sulut dr Bahagia Mokoagouw usai melakukan evaluasi dan monitoring. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Minahasa Tenggara (Mitra), terus menyelesaikan perekaman Kartu tanda penduduk (KTP) elektornik (El) bagi masyarakat wajib KTP.

"Hingga saat ini sudah 82.766 wajib KTP yang direkam dari 85.703 wajib KTP di Mitra. Jumlah itu sudah termasuk 2.445 orang yang sudah direkam tapi sudah meninggal, sehingga total keseluruhan perekaman 80.221," ujar David Lalandos kepala Disdukcapil Mitra, Kamis (30/08/2018).

Secara hitung-hitungan di Mitra wajib KTP yang belum melakukan perekaman KTP-El sejumlah 5,482.

Pihak Disdukcapil akan terus berupaya agar semaksimal mungkin dalam melakukan perekaman meski tak bisa menyentuh target 100 persen.

"Ya, tak 100 persen karena setiap hari saja ada banyak masyarakat di Mitra yang genap 17 tahun dan meninggal dunia," katanya.

Atas capaian ini, Disdukcapil Mitra dimonitor dan evaluasi oleh dr Bahagia Mokoagouw Kadisdukcapil Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada Rabu (30/08/2018), kemarin.

Menurut dr Bahagia Mitra sejauh ini baik kinerjanya, pencapainnya dan pelayanan baik serta ada dukungan dari kepala daerah Bupati Mitra bapak James Sumendap sehingga tugas Disdukcapil lancar dalam melayani masyarakat.

"Slogan kami Disdukcapil Sulut 'Aku Bahagia' singkatan dari Administrasi kependudukan yang membahagiakan masyarakat‎," urai Bahagia.

Mantan kepala biro Kesra dan humas protokol provinsi Sulut mengutarakan sejauh ini ‎untuk perekaman KTP-El sudah merata diseluruh daerah, namun data yang digunakan tidak sampai 100 persen.

Namun pihaknya menargetkan semua yang masyarakat yang sudah 17 tahun sampai hari H pelaksanaan pemilu 2019 sudah punya KTP-El.

"Termasuk yang masih pegang surat keterangan akan direkam untuk dapat KTP-El. Karena pemenuhan blanko tetap tersedia, tinggal koordinasi dengan pusat yang akan berusia 17 tahun sampai hari H pemilu bisa diakomidir untuk perekaman," urainya.

Secara keseluruhan perekaman KTP-El di Provinsi Sulut sudah mencapai target, untuk daerah yang mendominasi melakukan perekaman KTP-El adalah Kota Tomohon.

Bahagia menambahkan monitor dan evaluasi ini juga rutin dilakukan setiap bulannya untuk semua Disdukcapil di 15 kabupaten/kota.(Tribunmanado.co.id/Christian Wayongkere)

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved