Pasar AS, Eropa sampai China Sambut Positif Perang Dagang Mereda

Indeks pasar saham di Wall Street naik ke level tertinggi dalam lebih dari lima bulan pada Senin (27/8) setelah Amerika Serikat

Pasar AS, Eropa sampai China Sambut Positif Perang Dagang Mereda
AFP
Wall Street 


TRIBUNMANADO.CO.ID, NEW YORK - Indeks pasar saham di Wall Street naik ke level tertinggi dalam lebih dari lima bulan pada Senin (27/8) setelah Amerika Serikat dan Meksiko mencapai kesepakatan yang menurunkan ketegangan perdagangan.

Indeks saham MSCI di 47 negara di seluruh dunia naik 0,98%, dibantu oleh kenaikan di pasar negara maju dari Amerika Serikat ke Eropa dan Asia. Indeks secara luas berada pada level tertinggi sejak Maret.

Patokan S&P 500 dan Nasdaq mencapai rekor, harga obligasi turun, dan harga tembaga naik. Amerika Serikat dan Meksiko setuju merombak Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA), menekan Kanada untuk menyetujui ketentuan baru perdagangan mobil dan masalah lain untuk tetap menjadi bagian pakta tiga negara itu.

Kesepakatan dapat mengurangi kekhawatiran tentang eskalasi ketegangan perdagangan global.

Mata uang utama menguat terhadap dolar AS, yang telah menjadi safe haven dari ketegangan perdagangan selama berbulan-bulan.

"Perundingan (NAFTA) menambah rasa bahwa sementara AS masih macet dalam konflik perdagangan dengan China, mungkin lebih bersedia berkompromi di tempat lain seperti dengan Meksiko dan Uni Eropa," kata Ulrich Leuchtmann, kepala FX dan riset pasar yang sedang berkembang di Commerzbank di Frankfurt.

Presiden AS Donald Trump bersiap memasuki Air Force One yang akan membawanya ke Singapura untuk bertemu dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un.
Presiden AS Donald Trump bersiap memasuki Air Force One yang akan membawanya ke Singapura untuk bertemu dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un. (AFP/SAUL LOEB)

"Ini mengurangi risiko perang dagang global."

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 259,29 poin (1,01%) menjadi 26.049,64. S&P 500 naik 22,05 poin (0,77%) menjadi 2.896,74 dan Nasdaq Composite bertambah 71,92 poin (0,91%) menjadi 8.017,90.

Indeks S&P dan Nasdaq mencapai rekor tertinggi, melanjutkan reli usai pidato kepala Fed Jerome Powell di simposium Jackson Hole, Jumat. Powell menegaskan bahwa bank sentral AS tetap dengan strategi kenaikan suku bunga bertahap. 

Survei sentimen bisnis Jerman yang lebih kuat dari perkiraan menambah suasana optimis di Eropa. Indeks FTSEurofirst 300 pan-Eropa naik 0,52%, sementara pasar Inggris ditutup untuk liburan publik.

Halaman
1234
Editor: Lodie_Tombeg
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved