Minahasa Bakal Miliki Senam Sayang-sayang

Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata akan menggelar Lomba Cipta Tarian Kreasi “Senam Sayang-sayang”.

Minahasa Bakal Miliki Senam Sayang-sayang
TRIBUN MANADO/FERDINAND RANTI
Foto bersama 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Dalam rangka memperingati HUT ke-54 Provinsi Sulawesi Utara pada tanggal 23 September 2018 mendatang, Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata akan menggelar Lomba Cipta Tarian Kreasi “Senam Sayang-sayang” pada Jumat (14/09/2018) mendatang.

Lomba Cipta Tarian Kreasi “Senam Sayang-Sayang” itu bakal digelar di kompleks Bukit Kasih Kanonang, Kecamatan Kawangkoan Barat, Minahasa.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi menyampaikan hal tersebut seusai dirinya melaporkan rencana kegiatan ini kepada Pj Bupati Minahasa, Selasa (28/08/2018), di Kantor Bupati Minahasa.

Kegiatan Lomba yang akan dirangkaikan dengan Pentas Seni dan Budaya Minahasa dalam tajuk “Festival Bukit Kasih 2018” ini, menurut Tumundo akan melibatkan peserta dari unsur ASN, THL, PKK, Dharma Wanita dan peserta umum yang di utus dari SKPD Pemkab, instansi vertikal, BUMN, BUMD, kecamatan, desa, kelurahan serta sekolah-sekolah di Minahasa.

"Lomba Cipta Kreasi Senam Sayang-Sayang ini akan kami gelar dalam rangka menyambut dan merayakan HUT ke-54 Provinsi Sulawesi Utara," kata Tumundo.

Kegiatan ini akan melibatkan peserta per kelompok, dimana dalam satu Kelompok atau Regu berjumlah 6 hingga 8 orang, dengan lagu iringan “Sayang-Sayang Si Patokaan”, suatu lagu daerah asal Minahasa yang sudah terkenal di mana-mana.

Dikatakan Tumundo bahwa unsur utama yang dinilai meliputi gerakan kelompok atau regu yang menggambarkan perpaduan antara tarian dan senam dengan menonjolkan nuansa budaya Minahasa.

Ditambahkan Tumundo bahwa kegiatan ini merupakan ide kreatif yang berasal langsung dari Pj Bupati Minahasa Drs Royke H Mewoh DEA.

"Ini merupakan ide langsung dari Bapak Penjabat Bupati Minahasa, yang ditindaklanjuti dengan menugaskan kami dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk melaksanakannya dengan penuh kreatifitas," ujar Tumundo.

Sementara Kepala Bidang Kesenian Disbudpar Minahasa Dra Letty Purukan mengatakan bahwa semua Regu atau Kelompok peserta wajib memasukkan liputan tampilan melalui video dalam bentuk CD atau Flashdisk, yang di serahkan kepada Panitia saat pelaksanaan Technical Meeting pada Selasa (04/09/2018) pukul 13.00 Wita bertempat di Ruang Sidang Kantor Bupati Minahasa.

Mengenai hadiah bagi pemenang, menurut Letty bahwa Kelompok atau Regu yang terbaik akan memperoleh Trophy Tetap Pj Bupati Minahasa dan Uang Tunai sejumlah Rp 10 Juta serta hadiah hiburan lainnya.

"Saat ini pendaftaran peserta sudah dibuka, dengan lokasi pendaftaran di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa, Jln Manguni No 15 Kelurahan Wewelen Kecamatan Tondano Barat," kata Letty.

Diharapkannya agar semua pihak turut menyukseskan pelaksanaan kegiatan ini dengan satu tekad menjadikan Senam Sayang-sayang yang akan tercipta nanti akan menjadi tuan rumah di negeri nusantara ini.(Tribunmanado.co.id/Ferdinand Ranti)

Penulis: Ferdinand_Ranti
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help