Konflik Suriah

Bahas Konflik Suriah, Presiden Rusia dan Turki Akan Bertemu di Iran

Vladimir Putin Presiden Rusia, Presiden Turki dan Iran dijadwalkan akan bertemu dalam konferensi tripartit membahas konflik Suriah

Bahas Konflik Suriah, Presiden Rusia dan Turki Akan Bertemu di Iran
AFP/ADEM ALTAN
Presiden Iran Hassan Rouhani (kiri), Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (tengah) dan Presiden Rusia Vladimir Putin berjabat tangan usai pertemuan tingkat tinggi membahas krisis Suriah di Ankara, Rabu (4/4/2018) 

TRIBUNMANADO.CO.ID -  Vladimir Putin Presiden Rusia, Presiden Turki dan Iran dijadwalkan akan bertemu dalam konferensi tripartit membahas konflik Suriah, pekan depan.

Pertemuan antara ketiga pemimpin negara tersebut akan diselenggarakan di kota Tabriz, Iran utara, pada 7 September mendatang. Demikian diberitakan stasiun televisi Turki, TRT Haber, Senin (27/8/2018).

Sumber dari pemerintahan Turki, yang dihubungi AFP, belum dapat memberi konfirmasi terkait rencana pertemuan itu, namun media Turki diundang untuk mengikuti perjalanan Presiden Recep Tayyip Erdogan ke Iran pada tanggal tersebut.

Baca: Hadapi Rusia dan China: AS Aktifkan Kapal Induk Paling Mematikan di Dunia

Sementara, juru bicara kepresidenan Rusia, Dmitry Peskov mengatakan, pertemuan puncak tripartit tengah dipersiapkan meski belum menyebutkan tanggal dan tempat pasti pertemuan tersebut.

"Bisa saja pertemuan dilangsungkan di Teheran. Opsi yang sedang sedang diperiksa. Kami akan mengumumkan setelah semua siap dan diselaraskan melalui saluran diplomatik," kata Peskov.

Baca: Mantan Perdana Menteri AS Sebut Israel Lenyap pada 2022, Ini Penyebabnya

Erdogan sebelumnya mengindikasikan akan rencana pertemuan puncak membahas konflik Suriah pada 7 September di Istanbul dengan mengundang Rusia, Perancis dan Jerman.

Namun laporan pers selama beberapa pekan terakhir mengindikasikan bahwa pertemuan tersebut kemungkinan besar tidak dapat terlaksana, sehingga disiapkan pertemuan tiga negara antara Iran, Rusia dan Turki.

Baca: Tekanan dari Turki Mereda Bantu Pasar: Rupiah Masih Berpotensi Melemah

Ketiga pemimpin negara tersebut sebelumnya telah bertemu di Sochi, Rusia dan Ankara, Turki.

Iran dan Rusia adalah sekutu utama Presiden Suriah Bashar al-Assad dan telah mengintervensi konflik yang dipicu perang saudara pada tujuh tahun lalu.

Sementara Turki, yang semula mendukung pemberontak Suriah dalam upaya menggulingkan Assad, sejak akhir 2016 telah bekerja sama dengan Iran dan Rusia untuk membawa perdamaian di negara itu.

Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved