Penemuan Rumah Yesus hingga Tempat Khotbah-Nya di Israel

Masih banyak misteri tentang Yesus Sangjuru Selamat. Satu di antaranya di mana Yesus tinggal di kampung halamannya

Penemuan Rumah Yesus hingga Tempat Khotbah-Nya di Israel
Kompas.com
Tempat yang diyakini sebagai rumah Yesus semasa kecil di Nazareth 

TRIBUNMANADO.CO.ID — Masih banyak misteri tentang Yesus Sangjuru Selamat. Satu di antaranya di mana Yesus tinggal di kampung halamannya dahulu? Apakah kini rumah tempat tinggalnya masih berdiri di Nazareth?

Lewat penggalian bertahun-tahun, arkeolog percaya bahwa mereka telah menemukan rumah yang diduga kuat merupakan tempat tinggal Yesus pada masa kecilnya dahulu. 

Rumah itu berbahan batu kapur, dibuat dengan memotong batu dari sebuah bukit, terdiri dari beberapa ruangan.

Satu lorong yang berfungsi sebagai pintu hingga kini masih terawetkan. Rumah terdiri dari sejumlah ruangan. Ada pula tangga. Di dekat rumah terdapat dua batu nisan.

Rumah itu sebenarnya sudah ditemukan pertama kali tahun 1880-an oleh seorang biarawati dari Kesusteran Nazareth. Namun, baru pada tahun 2006, arkeolog dari University of Reading di Inggris, Ken Dark, mengidentifikasi rumah itu berasal dari masa Yesus.

"Apakah ini merupakan rumah tempat Yesus tumbuh besar, sulit untuk mengatakannya berdasarkan bukti arkeologis. Namun, di sisi lain, tak ada bukti arkeologis yang cukup kuat juga sehingga pandangan macam itu bisa diabaikan," tulis Dark di Biblical Arcaeology Review edisi Maret/April 2015 seperti dikutip Livescience, Senin (2/3/2015).

Ada beberapa hal yang membuat rumah tersebut diduga merupakan milik Yesus. Di dalam reruntuhan, terdapat bejana berbahan batu kapur.

Hal itu menjadi petunjuk bahwa rumah itu milik keluarga Yahudi. Keluarga Yesus juga seorang Yahudi sehingga ada kemungkinan rumah itu miliknya.

Petunjuk lain, menurut penelitian, seabad setelah Yesus wafat, Kerajaan Byzantine yang menguasai Nazareth hingga abad ketujuh mendekorasi rumah tersebut dan mengembangkannya menjadi gereja.

Rumah itu dilindungi sehingga bisa tetap berdiri tegak, selain dipakai sebagai tempat ziarah.

Halaman
1234
Editor: Lodie_Tombeg
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved