Pemkab Mitra Tangkap 33 Anjing Berkeliaran di Empat Kecamatan

Sebanyak 33 anjing di empat Kecamatan di Minahasa Tenggara (Mitra), terjaring dalam penegakkan Peraturan Daerah nomor 2 tahun 2016

Pemkab Mitra Tangkap 33 Anjing Berkeliaran di Empat Kecamatan
Tribun manado / Christian Wayongkere
Petugas menangkap anjing berkeliaran 

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN - Sebanyak 33 anjing di empat Kecamatan di Minahasa Tenggara (Mitra), terjaring dalam penegakkan Peraturan Daerah nomor 2 tahun 2016 tentang penanggulangan hewan berisiko rabies.

Jumlah tersebut berdasarkan data yang dirangkum Dinas Pertanian Mitra melalui Bidang Peternakan, yang melaksanakan penegakkan Perda pada akhir Juli hingga awal Agustus 2018, melibatkan Satpol PP Mitra dan dokter hewan.

"Pelaksanaan di Kecamatan Ratahan, Pasan, Tombatu Utara dan Tombatu," jelas Ely Sangiang, Kepala Dinas Pertanian Mitra, Jumat (24/8/2018).

Di empat kecamatan itu hasil penegakkan perda berhasil menjaring hewan anjing dengan jumlah yang berbeda (lihat grafis).

Dinas Pertanian Mitra berjanji akan kembali melaksanakan penegakkan perda serupa di delapan kecamatan lainnya dari total 12 kecamatan di Mitra.

"Nanti akan dilakukan lagi menunggu anggaran yang sedang diusulkan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Mitra," tambahnya.

Selain penegakkan Perda Mitra, buah yang diperoleh dari pelaksanaan itu bukan hanya sampai disosialisasi melainkan menunjukkan bahwa implementasi Perda itu tidak main-main.

Donald Lumingkewas, Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Mitra menambahkan, ini merupakan bagian dari upaya pemerintah menekan penyakit rabies di Mitra.

"Kami imbau hal serupa diberlakukan di daerah tetangga. Harus tanggap dengan berkeliarannya anjing secara liar dan mencegah penyakit rabies," harap Donald.

"Harus ada laporkan ke tingkat jaga atau masyarakat kemudian diteruskan kepada imstansi terkait," urainya.

Mitra akan mendukung dan menyukseskan target Provinsi Sulawesi Utara tahun 2020 bebas penyakit rabies.

“Kalau perlu kabupaten/kota selain Mitra membuat perda tentang penanggulangan hewan berisiko rabies," tandasnya. (crz)

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved