Kelurahan Pateten III Terapkan Rastra Tukar Sampah Plastik

Warga di kelurahan Pateten III, Kecamatan Maesa, Kota Bitung mengumpulkan sampah plastik kemudian mengubahnya menjadi sumber pendapatan.

Kelurahan Pateten III Terapkan Rastra Tukar Sampah Plastik
TRIBUNMANADO/ALPEN MARTINUS
Devi Kiki Safitri Zainie Lurah Pateten III 

Laporan Wartawan Tribun Manado, Alpen Martinus

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG - Sampah plastik kadang bagi sebagian orang hanya sekadar sampah saja, namun berbeda di kelurahan Pateten III, Kecamatan Maesa, Kota Bitung yang mengumpulkan sampah plastik kemudian mengubahnya menjadi sumber pendapatan.

"Kami mendukung program MaMa bersih lingkungan, jadi di sini para penerima beras rastra kami minta untuk membawa sampah plastik semisal botol atau wadah minuman plastik saat mengambil rastra, ya seperti menukar Rastra dengan Sampah Plastik," ujar Devi Kiki Safitri Zainie Lurah Pateten III, Jumat (24/8).

Namun menurutnya, tidak ada patokan berapa banyak botol plastik yang mereka harus bawa.

"Terpenting mereka bawa saja, dan kita kumpulkan di Kantor Kelurahan," jelasnya.

Alhasil, sekarang sudah jarang terlihat sampah plastik di selokan atau di pinggir jalan Kelurahan Pateten III.

Ia mengatakan, jika itu dilakukan secara massal manfaatnya akan mengurangi jumlah sampah plastik.

Sampah plastik yang terkumpul tersebut kemudian dijual ke para pengumpul yang datang atau dibawa langsung ke tempat pengumpulan.

"Uangnya kami gunakan untuk kegiatan Kelurahan, semisal kalau ada kegiatan kami tidak minta uang partisipasi dari masyarakat lagi, ada juga sekarang pembangunan gapura dari hasil jual sampah plastik," katanya.

Ia mengatakan, per kilogram sampah botol plastik campuran itu biasanya dihargai Rp 1100, sementara botol ukuran 1 liter dihargai Rp 500 per botol.

"Tapi tidak tahu nanti akali rastra sudah diganti dengan uang tunai, tapi semoga masyarakat Pateten III terus mau mengumpulkan sampah plastik untuk kebersihan dan untuk Kelurahan Pateten III," jelasnya.

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Siti Nurjanah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help