Idul Adha 1439 H - Bupati Boltim Serahkan 7 Ekor Sapi Kurban

Idul Adha 1439 H bupati Boltim, Sehan Landjar, SH menyerahkan 7 ekor sapi sebagai hewan kurban yang seterusnya distribusikan ke beberapa desa.

Idul Adha 1439 H - Bupati Boltim Serahkan 7 Ekor Sapi Kurban
IST
Penyerahan hewan kurban 

Laporan Wartawan Tribun Manado, David Manewus

TRIBUNMANADO.CO.ID, TUTUYAN - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Hamdi Egam mengatakan, di hari raya Idul Adha 1439 H bupati Boltim, Sehan Landjar, SH menyerahkan 7 ekor sapi sebagai hewan kurban yang seterusnya distribusikan ke beberapa desa yang ada di Kabupaten Boltim.

Tujuh ekor sapi tersebut ( 5 ekor dari Sehan Landjar, 1 ekor dari Fuad Landjar, dan 1 ekor dari Rahma Amalia Landjar) telah dididistribusikan ke beberapa desa mulai Senin 20 Agustus 2018 sampai pada Rabu 22 Agustus 2018.

"Dalam setiap kesempatan bupati selalu  menghimbau dan mengharapkan kepada ASN dan masyarakat umumnya dan Boltim khususnya agar jangan pernah  pelit untuk berkurban, bersedekah dan membantu orang fakir miskin. kalau kita kikir dan pelit untuk membantu orang orang yang membutuhkan, maka sesungguhnya kita pelit dan kikir kepada Allah SWT, karena Qurban adalah perintah dari Allah SWT," katanya, Kamis (23/8/2018).

Ia mengatakan, Bupati Boltim melaksanakan sholat Idul Adha di mesjid Al- Firdaus Desa Togid bersama Sekretaris Daerah  Muhammad Assagaf dan kepala Perangkat Daerah Bolaang Mongondow Timur.

Yang bertindak sebagai khotib adalah Ahmad Sholeh, kepala kantor Kemenag Boltim.

"Dalam khotbahnya mengatakan bahwa ketika kita membaca dan melafazkan  takbir Allahuakbar, kita tanamkan keyakinan dalam hati bahwa hanya Allah yang memiliki keagungan dan kebesaran sedangkan selain Allah adalah kecil dan lemah. Segala hal yang sering kita bangga-banggakan, berupa kekayaan harta, mobil mewah, rumah megah, kedudukan dan pangkat yang tinggi, semuanya adalah kecil dan tidak berarti apa apa di hadapan Allah," ujarnya.

Ia melanjutkan, betapa banyak orang kaya jatuh miskin mendadak, yang memiliki pangkat dan kedudukan dari jabatannya dan menjadi orang biasa.

Kedudukan akan hilang, kekayaan akan sirna dan kecantikan pun akan lenyap dan hanya Allah yang tetap agung selamanya. 

"Untuk itu mari kita manfaatkan momen Idul Adha ini untuk berkurban karena ibadah kurban merupakan ibadah yang diperintahkan  Allah sejak zaman Nabi Adam.  Bahkan setiap Nabi yang diutus Allah memiliki perintah kurban. Ibadah kurban yang diikuti nabi Muhammad SAW tidak terlepas dari peristiwa historis Nabi Ibrahim. Rasulullah SAW suatu saat ditanya oleh sahabatnya mengenai apa udhiyah (kurban) itu? Beliau menegaskan, ini adalah sunnah bapakmu, Nabi Ibrahim," katanya.

Ia mengatakan, wakil bupati Bolaang Mongondow Timur, Rusdi Gumalangit melaksanakan sholat Idul Adha di  Mesjid Desa Moyongkota Kecamatan Modayag Barat. 

Pada Idul Adha tahun 1439 H ini jumlah hewan kurban yang dilaporkan pada Bagian Kesos Setda Boltim adalah sebanyak 79 ekor sapi dan 1 ekor kambing dengan rincian sebagai berikut : 

Sehan Landjar 5 ekor, Fuad Landjar 1 ekor, Rahma Amalia Landjar 1 ekor, Rusdi Gumalangit 1 ekor, Muhammad Assagaf 1 ekor, SKPD Boltim 15 ekor, Kec. Kotabunan 8 ekor, Kec. Tutuyan 15 ekor, Kec. Motongkad 8 ekor, Kec. Nuangan 6 ekor, Kec. Modayag 8 ekor, Kec. Modayag Barat 6 ekor, Jokowi 1 ekor, Olly Dondokambey 1 ekor, Bank BNI 1 ekor dan Bank Sulutgo Cab Tutuyan 1 ekor.  

Rincian tersebut diatas adalah yang melapor dan tercatat karena masih ada yang tidak sempat melapor.

Disclaimer: kata Idul Adha (KBB: Iduladha)

Penulis: David_Manewus
Editor: Siti Nurjanah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved