News Analysis

Dukungan Partai ke Capres Bulat Lonjong

Munculnya sinyalemen dari sejumlah kalangan tentang dukungan tidak utuh kader PD kepada kedua pasangan, adalah suatu yang wajar.

Dukungan Partai ke Capres Bulat Lonjong
TRIBUN MANADO/ARTHUR ROMPIS
Taufik Tumbelaka 

News Analysis oleh:
Taufik Tumbelaka
Pengamat Politik Sulawesi Utara

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Munculnya sinyalemen dari sejumlah kalangan tentang dukungan kader Partai Demokrat (PD) kepada pasangan Prabowo-Sandi tidak utuh dan demikian pula dukungan kader Partai Golkar (PG) kepada Jokowi-MA tidak utuh adalah suatu yang wajar.

Hal ini dikarenakan terlihat jelas terkait pada pilihan calon Wakil Presiden (Cawapres) yang nampak jelas bukan pilihan Prioritas pertama atau P-1, ada anggapan pilihan cawapres yang saat ini muncul karena faktor tertentu, maka konsekuensi logisnya adalah terjadi dukungan politik yang bulat lonjong, tidak bulat utuh seperti yang seharusnya.

Cawapres dari Probowo nampak jelas diharapkan oleh banyak kader PD adalah Agus Harimurti Yudoyono (AHY) sedangkan kader PG cukup banyak yang mengetahui kalau awalnya bakal cawapres dari Jokowi ada lima.

Yakni, Airlangga Hartarto, Mahmud MD, Sri Mulyani, Chairul Tanjung dan Moeldoko.

Menurut info ke 5 bakal calon wapres ini telah di survey secara serius.

Munculnya dukungan bulat lonjong atau tidak utuh dari para kader PD dan PG kepada calon yang telah diusung oleh masing-masing parpol menjadikan pekerjaan rumah (PR) khusus bagi para elit partai di Jakarta, dalam hal ini Dewan Pimpinan Pusat PD dan juga PG guna memberi pengertian pada kader-kader di daerah termasuk di Sulawesi Utara (Sulut).

Nantinya bisa saja akan terlihat para kader seperti kompak menunjukan dukungannya, namun hal ini bisa saja cuma yang terlihat "kulitnya" namun hatinya tidak, jika hal ini terjadi maka dapat diprediksi mesin parpol tidak berjalan maksimal.

Khusus untuk PG dukungan yang bulat lonjong pernah terlihat terjadi 2 kali yaitu pada saat Pilkada Gubernur Sulut dengan calon Benny Mamoto dan David Bobihoe dan juga Pilkada Minahasa dengan calon IvanSa dan CNR. (Tribunmanado.co.id/Arthur Rompis)

Penulis: Arthur_Rompis
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved