Mahfud MD Menolak Jadi Ketua Timses Jokowi-Maruf

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menegaskan dirinya tidak bisa menjadi tim sukses pasangan Joko Widodo-Ma'ruf

Mahfud MD Menolak Jadi Ketua Timses Jokowi-Maruf
google
Mahfud MD 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD menegaskan dirinya tidak bisa menjadi tim sukses pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

Alasannya, saat ini dirinya masih menjabat sebagai anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

"Saya tidak bisa menjadi ketua timses karena saya berada di BPIP," kata Mahfud MD.
Mahfud merasa jabatannya di BPIP mengharuskannya bersikap netral. Sebab, pekerjaannya berkaitan dengan ideologi Pancasila.

"BPIP ditugaskan Presiden untuk menata ideologi tentu termasuk bagaimana netralitas penyelenggara negara karena BPIP itu badan penyelenggara juga," ujarnya.

Mahfud yang sempat menjadi kandidat kuat cawapres Jokowi ini juga mengaku, sejauh ini tidak ada tawaran untuk dirinya menjadi ketua timses Jokowi-Ma'ruf. "Tidak ada tawaran," ujarnya.

Wakil Presiden Jusuf Kalla sebelumnya juga menolak menjadi ketua tim sukses Jokowi-Ma'ruf. Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi menyatakan, Jokowi sudh meminta Jusuf Kalla untuk menjadi ketua tim suksesnya.

Masalahnya, jika Jokowi cuti kampanye, dia harus menjalankan tugas presiden. "Pak Jokowi itu mintanya (agar JK jadi) ketua tim sukses, tapi setelah berbicara dengan Bu Mega dan lain-lain, Pak JK memberitahukan bahwa secara teknis susah pemerintah siapa yang jalankan?" ujar Sofjan beberapa waktu lalu.

Menanggapi hal tersebut, Sekjen Partai Nasdem, Johnny G Plate mengungkapkan bahwa partainya belum pernah menawarkan jabatan tersebut kepada Mahfud.

"Ya belum pernah ditawarkan, belum sempat ditawarkan pernyataan itu sudah ada, kan jadi tidak realistis menawarkannya," ujar Johnny.

Johnny menegaskan bahwa pemilihan Ketua Tim Pemenangan merupakan hak dari Jokowi. "Saya enggak tahu, yang perlu menawarkan kan pak Joko Widodo, karena dia timnya Joko Widodo bukan tim parpol," tegas Johnny.
"Pertimbangan yang valid cuma dari Jokowi," tambah Johnny.

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved