Lexi Curhat Sulitnya Calon Anggota DPD RI Kumpul Dukungan

Bakal Calon Anggota DPD RI atau senator harus mengumpulkan sedikitnya 2000 dukungan KTP untuk bisa maju ke tahap pencalonan selanjutnya.

Lexi Curhat Sulitnya Calon Anggota DPD RI Kumpul Dukungan
TRIBUN MANADO/RYO NOOR
Rapat Pleno 

Laporan Wartawan Tribun Manado Ryo Noor

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Bakal Calon Anggota DPD RI atau senator harus mengumpulkan sedikitnya 2000 dukungan KTP untuk bisa maju ke tahap pencalonan selanjutnya.

Lexi Mantiri, salah seorang Bakal Calon Anggota DPD RI mengatakan, tahap awal para calon harus meyakinkan masyarakat untuk mendukung lewat penyerahan foto kopi KTP.

Setiap pemilih hanya boleh mendukung satu calon.

"Tahap pertama kita yakinkan masyarakat, mau tidak mereka mendukung dalam bentuk penyerahan KTP ke Calon DPD," kata dia.

Tahap kata Lexi cukup mulus dilalui, tapi nyatanya kesulitan yang dihadapi para calon bukan mengumpulkan KTP.

KTP yang dimasukan tak serta merta sah sebagai dukungan tapi KPU akan melakukan verifikasi faktual.

KPU akan mencabut sampel dukungan kemudian akan menyambangi satu per satu warga yang menyatakan dukungan ke Anggota DPD RI. Jika tidak berhasil ditemui maka, dukungan itu bakal dicoret.

"Walaupun sudah dukung, saat ditemui tidak di tempat karena pindah domisili, ke luar daerah atau alasan lain maka dukungan itu akan dicoret," kata Lexi.

Memang kata Lexi, KPU memberi kesempatan untuk memverifikasi pemilih via telepon atau video call, hal ini cukup membantu.

Halaman
12
Penulis: Ryo_Noor
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved