Ini Petunjuk Teknis Dasar Grand Final Keuskupan Lomba Paduan Suara Dewasa Campuran Yubileum

Petunjuk teknis grand final keuskupan lomba Paduan Suara Dewasa Campuran dalam rangka Yubileum 150 tahun Gereja Katolik kembali tumbuh.

Ini Petunjuk Teknis Dasar Grand Final Keuskupan Lomba Paduan Suara Dewasa Campuran Yubileum
ISTIMEWA
Rapat panitia Yubeliumf 

Laporan Wartawan Tribun Manado David Manewus

TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMOHON -Petunjuk teknis grand final keuskupan lomba Paduan Suara Dewasa Campuran dalam rangka Yubileum 150 tahun Gereja Katolik kembali tumbuh dan berkembang di wilayah Keuskupan Manado sudah keluar 

"Kategori lomba adalah Paduan Suara Dewasa Campuran. Setiap Tim Peserta atau Paroki mengirimkan tim terbaik dari Paroki yang bersangkutan tanpa membeda-bedakan kelompok Kategorial," kata Pastor Hanny Mentang, ketua bidang perayaan Yubileum

Ia mengatakan setiap tim harus beragama katolik dan berasal dari paroki yang bersangkutan.  Setiap peserta wajib mengikuti ketentuan yang ditetapkan panitia.

"Jumlah penyanyi Minimal 50 orang dan Maksimal 100 orang tidak termasuk dirigen. Pemain musik masuk dalam daftar penyanyi. Kelebihan dan kekurangan penyanyi akan dikurangi nilai 10. Untuk paduan suara yang membawakan 2 orang dirigen, maka tetap akan berlaku peraturan maksimum 100+1. Dirigen yang tidak sedang bertugas, cukup berdiri di pojok panggung dan tidak diperkenankan bergabung dengan penyanyi atau memberi instruksi selama penampilan," katanya.

Ia mengatakan  Lagu wajiib  Pertama adalah Hymne Yubileum 150 thn, Lagu wajib kedua ialah Mars Yubileum 150 tahun. Lagu bebas pilihan ialah Lagu rakyat Indonesia atau lagu daerah seluruh Indonesia.

"Tiga  buah lagu dibawakan dalam batas waktu 15 menit. Lebih dari 15 menit dikurangi 5 point  dari total nilai yang diberikan juri. Hitungan dimulai saat nada pertama dibunyikan, dan diakhiri  saat dirigen memberikan penghormatan ke juri dan penonton sebagai tanda telah berakhirnya penampilan koor tersebut," katanya

Ia mengatakan lagu pertama dan kedua dibawakan a capella. Lagu rakyat atau daerah yang dibawakan boleh dengan
musik apapun. Panitia hanya menyediakan piano elektrik di atas panggung.

"Sistem penilaian adalah menggunakan sistem penilaian Musica Mundi dengan kriteria penilaian  mencakup beberapa aspek. Penilaian Teknik ialah intonasi, kualitas bunyi, dan Penilaian Artistik ialah kesetiaan pada partitur, artistic impression. Seragam dinilai karena masuk dalam penilaian artistic impression. Harap dipahami bahwa artistic tidak berarti harus mahal dalam hitungan uang," katanya.

Ia mengatakan pembobotan nilai adalah 40-40-20 artinya 40 persen Hymne, 40 persen Mars dan 20 persen lagu 
piilihan. Sistem penghargaan akan menggunakan istilah Gold, Silver dan Bronze.

"Gold Medal, Nilai 80.00 sampai dengan 100  Silver Medal, nilai 70.00 sampai dengam 79.99. Sedangkan Bronze Medal, Nilai 60.00 sampai dengan 69.99," katanya.

Editor: Rine Araro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved