Digitalisasi Bikin Rasio Efisiensi Bank Membaik di Tahun Ini

Efisiensi bank menekan biaya operasional berbuah manis, terutama bagi bank besar kategori Bank Umum Kelompok Usaha

Digitalisasi Bikin Rasio Efisiensi Bank Membaik di Tahun Ini
Ilustrasi 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Efisiensi bank menekan biaya operasional berbuah manis, terutama bagi bank besar kategori Bank Umum Kelompok Usaha (BUKU) IV.

Secara industri bank BUKU IV mencatatkan penurunan rasio beban operasional terhadap pendapatan operasional (BOPO) dari 75,16% pada Mei 2017 menjadi 72,38% di bulan Mei 2018.

Salah satu bank BUKU IV yang memiliki rasio BOPO rendah yakni Bank BNI. Per Juni 2018 bank berlogo 46 ini mencatatkan BOPO sebesar 71,19%. Posisi tersebut terbilang stabil, naik tipis dibandingkan posisi Juni 2017 sebesar 71,02%.

Direktur Keuangan BNI Anggoro Eko Cahyo mengatakan, sampai akhir tahun 2018 ini pihaknya menargetkan BOPO di kisaran 70%. Membaik dibandingkan akhir tahun 2017 lalu di level 71%.

Sebagai salah satu upaya menekan beban operasional, Bank BNI sejak beberapa tahun terakhir mendorong pemanfaatan teknologi digital perbankan. Salah satunya, lewat penyempurnaan proses bisnis dengan operasional berbasis teknologi informasi (TI).

Antara lain, utilisasi dan optimalisasi aplikasi Yap! dan BNI Mobile Banking. "Kami juga melakukan optimalisasi jaringan/outlet BNI dengan inisiasi cabang digital, optimalisasi outlet sebagai point of sales dan agen 46 untuk menjangkau area yang tak tersentuh," ujarnya, Rabu (15/8).

Bank OCBC NISP juga mencatatkan perbaikan dari segi rasio efisiensi. Per Juni 2018 lalu, OCBC NISP membukukan BOPO di level 72,84%. Posisi ini menurun cukup besar ketimbang pencapaian pada Juni 2017 yang berada di level 75,78%.

Presiden Direktur OCBC NISP Parwati Surjaudaja mengungkapkan, saat ini BOPO OCBC berada di level yang cukup ideal. Dalam rangka menjaga efisiensi, pihaknya memastikan efisiensi biaya tetap terjaga.

Termasuk kualitas kredit dan mengoptimalkan pendapatan di luar bunga, yaitu dengan mendorong produktivitas. "BOPO di level saat ini cukup ideal walaupun tentu lebih rendah lebih baik. Kami akan menjaga di kedua sisi, efisiensi biaya dan optimalisasi pendapatan," tutur Parwati.

BI Rate Naik, Bunga Penjaminan LPS Tetap

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved