Twitter Versi Ringan untuk Android Sudah Bisa Diunduh di Indonesia

Aplikasi Twitter Lite sudah mulai bisa diunduh di Indonesia. Kabar ini disampaikan langsung oleh Twitter melalui blog resminya.

Twitter Versi Ringan untuk Android Sudah Bisa Diunduh di Indonesia
Twitter
Tampilan aplikasi Twitter versi Lite di Filipina. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Aplikasi Twitter Lite sudah mulai bisa diunduh di Indonesia. Kabar ini disampaikan langsung oleh Twitter melalui blog resminya.

Indonesia bersama 20 negara lainnya, menambah daftar panjang negara yang mendapatkan aplikasi Twitter Lite.

Negara-negara tersebut adalah Argentina, Belarus, Jordan, Kenya, Lebanon, Maroko, Nicaragua, Paraguay, Rumania, Turki, Uganda, Ukraina, Uruguay, Yaman, dan Zimbabwe. Dengan demikian, Twitter Lite resmi tersebar di 46 negara.

Mayoritas negara yang terdaftar memang negara berkembang yang masih memiliki koneksivitas internet cukup lemah. Karena itulah yang menjadi latar belakang Twitter Lite yang mengusung skema serba ringan.

Dibanding aplikasi Twitter mobile reguler, versi lite lebih bersahabat dengan kuota dan jaringan terbatas. Dikutip KompasTekno dari blog resmi Twitter, Selasa (14/8/2018), Twitter Lite tetap bisa lancar diakses di daerah dengan koneksivitas 2G atau 3G.

Aplikasi ini juga lebih sedikit "makan" memori, saat diinstal ukurannya hanya mencapai 3 MB. Karena konsumsi datanya yang rendah, Twitter Lite juga lebih hemat data, hal ini sejalan dengan negara yang masih menyediakan kuoata data dengan harga mahal.

Twitter Lite memiliki beberapa fitur, misalnya "Data saver", yang membantu pengguna mengontrol proses unduhan gambar.

Jika ftur ini diaktifkan, pengguna bisa memilah gambar atau video mana yang ingin diunduh dengan klik "Load image" (unduh gambar atau "Load video" (unduh video).

Fitur "bookmarks" juga muncul di Twitter Lite yang membantu pengguna untuk menyimpan kicauan yang ingin dilihat lagi lain kali atau sekadar menyimpannya. Seperti di versi situs web mobile, di versi aplikasi juga menyediakan fitur push notificiation agar pengguna tidak tertinggal pemberitahuan terbaru.

Fitur "thread" (utas) juga ikut meramaikan Twitter Lite, serta fitur Night Mode (mode malam) yang memberikan tema gelap seluruhnya untuk mengurangi paparan cahaya dari layar.

Sebelum tersedia dalam aplikasi, pengguna Twitter Indonesai baru bisa mengakses Twitter Lite via situs web mobile.

Saat ini, aplikasi sudah bisa diunduh di Play Store di tautan berikut ini.

Perlu dicatat jika aplikasi ini hanya kompatibel dengan perangkat berbasis Android versi 5.0 dan di atasnya.

Editor: Rine Araro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved