Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga Lolos Tes Kesehatan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan dua pasangan bakal calon presiden-calon wakil presiden Pemilu Presiden (Pilpres) 2019,

Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga Lolos Tes Kesehatan
KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO
Bakal Capres-cawapres Prabowo Subianto saat mengikuti tes kesehatan di RSPAD, Jakarta Pusat, Senin (13/8/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan dua pasangan bakal calon presiden-calon wakil presiden Pemilu Presiden (Pilpres) 2019, Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, memenuhi syarat kesehatan.

Dari hasil pemeriksaan kesehatan, kedua bakal capres-cawapres dinyatakan sehat dan mampu menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden

Hal itu diumumkan Ketua KPU, Arief Budiman, usai menerima hasil pemeriksaan kesehatan bakal capres-cawapres Pilpres 2019 dari tim Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), di kantor KPU, Jakarta, Selasa (14/8) malam.

Turut hadir dalam pengumuman tersebut Ketua Umum PB IDI Ilham Utama Marsis, Kepala RSPAD Gatot Soebroto Mayjen TNI dr Terawan Agus Putranto, dan tim pemeriksa kesehatan pasangan bakal capres-cawapres.

Arief menyampaikan hasil pemeriksaan kesehatan, bahwa Jokowi (57 th) dinyatakan sehat dan mampu menjalankan tugas sebagai presiden. "Pada bakal calon presiden tuan Joko Widodo saat ini tidak ditemukan ketidakmampuan dalam bidang rohani dan jasmani untuk menjalankan tugas presiden," kata Arief.

Hasil pemeriksaan kesehatan juga menunjukan tidak ditemukan penyalahgunaan narkotika pada diri Jokowi. "Tidak ditemukan penyalahgunaan narkotika dan sikotropika dan zat adiktif lainnya. Dalam bahasa umum dinyatakan memenuhi syarat," jelasnya.

Juga demikian dengan hasil pemeriksaan kesehatan bakal cawapres Ma'ruf Amin (75 th) pendamping Jokowi. Arief mengumumkan, hasil pemeriksaan kesehatan menunjukan Ma'ruf Amin mampu menjalankan tugas sebagai wakil presiden dan memenuhi syarat.

Calon Presiden dan Wakil Presiden, Joko Widodo dan Maruf Amin tiba untuk menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto, Jakarta, Minggu (12/8/2018). Selain pasangan Jokowi-Maruf Amin, pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno juga akan menjalani pemeriksaan kesehatan pada hari Senin 13 Agustus. Pemeriksaan kesehatan tersebut merupakan satu diantara syarat wajib yang diberlakukan KPU bagi capres dan cawapres untuk mengikuti Pilpres mendatang.
Calon Presiden dan Wakil Presiden, Joko Widodo dan Maruf Amin tiba untuk menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto, Jakarta, Minggu (12/8/2018). Selain pasangan Jokowi-Maruf Amin, pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno juga akan menjalani pemeriksaan kesehatan pada hari Senin 13 Agustus. Pemeriksaan kesehatan tersebut merupakan satu diantara syarat wajib yang diberlakukan KPU bagi capres dan cawapres untuk mengikuti Pilpres mendatang. (KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)

Arief juga mengumumkan hasi pemeriksaan kesehatan pasangan bakal capres Prabowo Subianto (66 th) dan Sandiaga Salahuddin Uno (49 th) dinyatakan memenuhi syarat kesehatan sebagai pasangan capres dan cawapres. Keduanya juga mampu menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden.

Dia menjelaskan, pemeriksaan kesehatan menjadi salah satu syarat dari 18 item syarat yang harus dipenuhi pasangan bakal capres-cawapres. Pemeriksaan kesehatan dilakukan terhadap orang per orang. Setelah itu, hasil pemeriksaan itu disampaikan berdasarkan pemeriksaan orang per orang.

Sementara itu, Ketua PB IDI Ilham Utama Marsis mengaku lega telah menyelesaikan tugas melakukan pemeriksaan kesehatan kepada pasangan bakal capres-cawapres.

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved