James Karinda Fokus Bentuk FKDM hingga Tingkat Lingkungan, Beber Potensi Kerawanan

Demi mengoptimalkan bantuan dan kinerja Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Manado

James Karinda Fokus Bentuk FKDM hingga Tingkat Lingkungan, Beber Potensi Kerawanan
istimewa
Ketua FKDM Kota Manado, James Karinda SH MH dan Sekretaris, John Sumual saat acara rapat kerja FKDM Kota Manado yang dibuka Kadan Kesbang Kota Manado, Hanny Solang, Rabu (15/08/2018) 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Demi mengoptimalkan bantuan dan kinerja Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Manado, maka segera dibentuk FKDM di tingkat kecamatan hingga kelurahan. Hal ini diutarakan Ketua FKDM Kota Manado, James Karinda SH MH dalam rapat yang diadakan di Hotel Griya Sintesa, Rabu (15/08/2018).

Pembukaan rapat kerja FKDM Kota Manado, Rabu 15/08/2018, oleh Wali Kota Manado Dr GSV Lumentut diwakili Kadan Kesbang Manado, Hanny Solang. Tampak hadir Ketua FKDM Kota Manado, James Karinda SH MH dan Sekretaris, Jhon Sumual.
Pembukaan rapat kerja FKDM Kota Manado, Rabu 15/08/2018, oleh Wali Kota Manado Dr GSV Lumentut diwakili Kadan Kesbang Manado, Hanny Solang. Tampak hadir Ketua FKDM Kota Manado, James Karinda SH MH dan Sekretaris, Jhon Sumual. (istimewa)

Karinda meminta bantuan kepada camat dan lurah se-Kota Manado untuk memfasilitasi terbentuknya FKDM di tingkat kecamatan dan kelurahan. ‘’Kalau FKDM di tingkat kecamatan dan kelurahan sudah terbentuk akan menjadi mitra Pak Camat dan Pak Lurah dalam menjaga keamanan dan menghindarkan wilayah kerja masing-masing dari paham radikalisme, teroris dan ancaman serta kerawanan lainnya, ‘’ujar Ketua Komisi IV DPRD Sulut ini.

Sebelum melanjutkan materinya, Karinda memperkenalkan seluruh personel FKDM Kota Manado. Antara lain, Wakil Ketua Janeman Nelwan, Sekretaris John Sumual dengan personel lainnya, Dr Tommy Sumakul, Dr Goinpeace Tumbel, Fauzijah ‘Stella’ Pakaya, Pdt Nouvly Pua STh, Noldy Gerung, Maxi Malonda, Budi Rarumangkay, Ernest dan beberapa anggota lainnya.

Peserta rapat kerja FKDM Kota Manado
Peserta rapat kerja FKDM Kota Manado (istimewa)

‘’Kota Manado penduduknya majemuk tapi toleran. Namun, kita tetap mewaspadai dan perjaga dari masuknya paham radikalisme, terorisme dan kerawanan lainnya. Itulah tujuannya FKDM harus hadir hingga tingkat kelurahan dan lingkungan, ‘’ ujar Karinda.

Rinciannya di tingkat kecamatan akan diisi 5 peronel, kelurahan 5 personel dan tingkat lingkungan diisi 3 personel. ‘’Setelah terbentuk hingga tingkat lingkungan akan dilantik oleh Wali Kota Manado, Dr GS Vicky Lumentut, ‘’ ujarnya.

Nantinya FKDM akan membantu program pemerintahan khususnya di bidang keamanan dan intelijen. ‘’Personel ini nantinya bertugas menginformasikan seawal mungkin kerawanan di masyarakat, ‘’ ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Manado,  DR Ir GS Vicky Lumentut melalui Kaban Kesbangpol Kota Manado Drs Hanny Solang mengatakan, keamanan tidak bisa terbayar dengan uang.

Dengan tujuan itulah, FKDM hadir dalam mendorong terjaganya stabilitas melalui deteksi dini, cegah dini dan tangkal dini setiap issu masalah yang terjadi di Kota Manado.‘’Artinya organisasi penting sebagai mitra pemerintah menjaga berbagai kerawanan, ‘’ ujarKepala Kesbangpol Kota Drs Hanny Solang.

Apalagi sekitar dua minggu lagi akan diadakan Manado  Fiesta 2018.‘’Keberadaan FKDM penting guna menyukseskan acara Manado Fiesta, termasuk acara thanks giving. Acara ini sudah kali kedua diadakan, tetapi sesungguhnya sosialisasi masih perlu dilakukan, ‘’ ujarnya di Hotel Sintesa Peninsula, kemarin.

Solang mengingatkan pembentukan pengurus di tingkat kecamatan dan kelurahan tidak bisa mengakomodir figur yang terlibat kasus. ‘’Kalau sudah menjabat kepala lingkungan, jangan lagi masuk di FKDM tingkat kelurahan atau lingkungan, ‘’ ujarnya.

Dia meminta pengurus FKDM Kota Manado mencari pengurus di tingkat kecamatan hingga lingkungan yang bisa diandalkan. ‘’Misalnya bisa diteladani, cerdas dan selalu mendorong kerukunan di wilayah masing-masing, ‘’ ujarnya.

Personel FKDM lainnya DR Tommy Sumakul mengatakan, organisasi FKDM adalah bentukan pemerintah, maka wajib didukung, termasuk anggarannya sesuai Permen nomor 2 tahun 2018.”Dimana posisi strategis FKDM adalah wadah bagi elemen masyarakat yang dibentuk dalam rangka menjaga dan memelihara kewaspadaan dini masyarakat. Melalui Deteksi dini, temu cepat dan lapor cepat yang selanjutnya kepala daerah mengambil keputusan,”katanya.
Nara sumber FKDM DR Tommy Sumakul saat memberikan presentasi tentang Tupoksi FKDM.

Menurut Sumakul, tugas FKDM adalah menjaring, menampung, mengkoordinasikan, mengkonsumsikan data informasi dari masyarakat tentang potensi ancaman kamtibmas, gejala atau peristiwa bencana dalam rangka upaya cegah secara dini, memberikan rekomendasi, menyampaikan laporan sebagai bahan pertimbangan bagi gubernur, bupati, wali kota mengenai kebijakan yang berkaitan dengan kewaspadaan dini masyarakat.”Tentunya kita harus bekerja bersama, ‘’ ujarnya.

Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Aswin_Lumintang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved