Demi Kesejahteraan, Plt Kadis PMD Sitaro Tegaskan BUM-Des Harus Dimaksimalkan

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sitaro, Sulawesi Utara, terus menggenjot pemerintah dan masyarakat kampung untuk memaksimalkan BUM-Des.

Demi Kesejahteraan, Plt Kadis PMD Sitaro Tegaskan BUM-Des Harus Dimaksimalkan
TRIBUN MANADO/JHONLY KALETUANG
Toni Supit 

TRIBUNMANADO.CO.ID, SIAU - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sitaro, Sulawesi Utara, terus menggenjot pemerintah dan masyarakat kampung untuk memaksimalkan Badan Usaha Milik Desa (BUM-Des).

Karena, jika BUM-Des tersebut berjalan dengan baik, maka akan ada manfaat yang sangat luar biasa diperoleh masyarakat kampung sendiri.

"Karena nantinya akan ada banyak keuntungan. Contoh perbengkelan, nantinya masyarakat yang miliki kendaraan dalam perbaikan, sudah tidak ke tempat lain. Bahkan juga aksesori kendaraan, sangat membantu," kata Plt Kadis PMD Marlon Dalentang.

Mengapa sampai Dinas PMD terus menggenjot tiap kampung?

Sebab, jawab dia, saat ini belum semua kampung ada BUM-Des, sehingga pemerintah berkerinduan semua dapat memaksimalkan potensi-potensi yang ada di kampung tersebut.

"Memang baru sebagian yang jalan, lain belum, yang jalan saat ini perkembangannya sudah luar biasa di beberapa kampung. Kita berkerinduan kampung lain dapat mengambil pelajaran dari mereka-mereka yang sukses dalam pengelolaan BUM-Des," tambahnya.

Bahkan, dia sedikit memberikan gambaran, sebagai daerah yang memiliki ciri khas seperti penghasil pala, salak dan sebagainya, lihatlah peluang untuk BUM-Des dari potensi hasil tersebut.

"Karena pasti akan berjalan dengan baik, ditopang oleh SDA yang luar biasa. Jangan takut mengambil langka untuk memulai, melainkan takutlah saat tidak ada tindakan apa-apa," lanjutnya.

Sementara itu juga, Bupati Kabupaten Kepulauan Sitaro Toni Supit dalam berbagai kesempatan juga mengingatkan kampung untuk memanfaatkan BUM-Des.

"BUM-Des akan memberdayakan masyarakat, jadi kiranya jadi perhatian," akhirnya. (Tribunmanado.co.id/Jhonly Kaletuang)

Penulis:
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved