MLBI Incar di Pasar Bir Amerika

Tahun ini menjadi salah satu catatan penting dalam perjalanan bisnis produsen bir PT Multi Bintang Indonesia Tbk. Perusahaan ini mulai merambah

MLBI Incar di Pasar Bir Amerika
ISTIMEWA
Seminar Konsumsi yang Bertanggungjawab yang digagas PT Multi Bintang Indonesia di Hotel Aryaduta Manado, Kamis (7/9/2017). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TANGERANG - Tahun ini menjadi salah satu catatan penting dalam perjalanan bisnis produsen bir PT Multi Bintang Indonesia Tbk. Perusahaan ini mulai merambah pasar Benua Amerika. Debut perdana mereka dengan mengekspor Bir Bintang ke California dan Hawaii.

Target lokasi pemasaran Bir Bintang di California dan Hawaii adalah bar, restoran, dan pasar ritel modern dengan mengincar segmen premium. Jaringan pemasaran yang berada di tepi pantai juga menjadi incaran Multi Bintang.

Selain jaringan pemasaran lokal, mereka juga membidik jaringan pemasaran yang mengusung bendera Indonesia atau Asia Tenggara.

Bentuk kemasan Bir Bintang di California dan Hawaii nanti, hanya berupa kemasan kaleng. Mengenai harga jual, Multi Bintang memberikan banderol sesuai dengan harga jual rata-rata produk minuman beralkohol di negeri itu.

Hanya, Multi Bintang belum bersedia membeberkan target volume produksi maupun nilai penjualan dari ekspor ke California dan Hawaii. Yang terang, mereka masih mengandalkan fasilitas produksi di Tangerang, Banten.

Ketimbang mematok target di awal ekspansi, Multi Bintang memilih untuk membesarkan merek terlebih dahulu. "Yang paling penting bagaimana kami berkompetisi dengan Thailand atau Vietnam," ujar Michael Chin, Presiden Direktur PT Multi Bintang Indonesia Tbk di Tangerang, Banten, Senin (13/8).

Sementara itu, Kementerian Perindustrian (Kemprin) mencatat, rata-rata pertumbuhan nilai ekspor bir dalam lima tahun terakhir mencapai 12% per tahun. Tujuan ekspor selama ini misalnya ke Malaysia, Thailand, Kamboja, Singapura dan Timor Leste.

Tahun lalu, nilai ekspor bir mencapai US$ 7,6 juta. "Pasti namanya ekspor akan mendapatkan devisa dan akan mengurangi defisit neraca perdagangan kita," kata Plt Direktur Jenderal Industri Agro Kementrian Perindustrian Achmad Sigit Dwiwahjono, dalam kesempatan yang sama.
Andalkan pasar lokal

Dengan masuk pasar California dan Hawaii, Multi Bintang genap merambah empat benua. Sebelumnya, perusahaan yang tercatat dengan kode saham MLBI di Bursa Efek Indonesia tersebut sudah menyasar sejumlah negara di benua Asia, Australia dan Eropa.

Untuk tahun ini saja, Multi Bintang mulai memasarkan Bir Bintang di jaringan supermarket Morrisons serta beberapa hotel, restoran dan kafe di Inggris.

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved