Nilai Aset Reksadana Melesat

Membaiknya pasar keuangan dalam negeri pada bulan Juli mendorong kenaikan dana kelolaan atau assets under management (AUM).

Nilai Aset Reksadana Melesat
MERDEKA/DWI NARWOKO
Reksadana BNI 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Membaiknya pasar keuangan dalam negeri pada bulan Juli mendorong kenaikan dana kelolaan atau assets under management (AUM) industri reksadana.

Berdasarkan data Infovesta Utama, AUM industri reksadana bertambah Rp 8,72 triliun pada bulan Juli lalu menjadi Rp 468,72 triliun. Adapun secara year to date (ytd), AUM industri ini melonjak 4,52%.

Tapi angka ini belum termasuk reksadana berbasis dollar Amerika Serikat dan reksadana penyertaan terbatas (RDPT).

Memang pertumbuhan AUM di bulan Juli lalu cenderung tinggi. Apalagi, hampir seluruh jenis reksadana mengalami kenaikan nilai AUM, termasuk reksadana saham, pendapatan tetap, dan terproteksi yang mempunyai dana kelolaan di atas Rp 100 triliun.

Head of Fixed Income Fund Manager Prospera Asset Management Eric Sutedja mengatakan, kenaikan dana kelolaan reksadana saham didukung oleh penguatan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang mencapai 2,37% sepanjang Juli lalu.

Penguatan tersebut menguntungkan bagi reksadana saham dari sisi kinerja. Hasilnya, nilai aset reksadana ini turut terangkat.

Faktor yang sama berlaku pada reksadana pendapatan tetap. Penguatan Indonesia Composite Bond Index (ICBI) sebesar 0,82% berdampak positif terhadap dana kelolaan reksadana tersebut.

Sementara itu, reksadana terproteksi juga berhasil mencatatkan kenaikan dana kelolaan hingga Rp 2,37 triliun menjadi Rp 119,66 triliun pada Juli silam.

Menurut Head of Investment Avrist Asset Management Farash Farich, kenaikan pada AUM reksadana terproteksi didorong oleh banyaknya produk anyar yang diterbitkan manajer investasi sepanjang bulan lalu.

"Juli lalu ada 36 reksadana baru yang diluncurkan, 21 produk di antaranya reksadana terproteksi," imbuhnya, Jumat (10/8).

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved