AFMI Bangun Shelter Penyelamatan Hewan Satu-satunya di Sulawesi Utara

Sulawesi Utara memiliki satu-satunya shelter penyelamatan hewan. Shelter yang berlokasi di Tomohon ini milik Animal Friends Manado Indonesia (AFMI).

AFMI Bangun Shelter Penyelamatan Hewan Satu-satunya di Sulawesi Utara
TRIBUNMANADO/FINNEKE WOLAJAN
Shelter AFMI di Tomohon 

Laporan Wartawan Tribun Manado, Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Sulawesi Utara memiliki satu-satunya shelter penyelamatan hewan. Shelter yang berlokasi di Tomohon ini milik Animal Friends Manado Indonesia (AFMI).

AFMI berdiri tahun 2011 dan mulai bermarkas di Tomohon sejak 2015. Organisasi ini berdiri atas dasar keprihatinan pada banyaknya kasus pelanggaran kesejahteraan hewan di Sulawesi Utara.

Anne Parengkuan Supit, pendiri dan Direktur AFMI mengatakan hingga 11 Agustus 2018, sudah 54 anjing dan 38 kucing yang diselamatkan di shelter ini. Selain shelter, ada pula klinik kesehatan hewan yang buka tiap hari.

Masyarakat tak bisa seenaknya membawa hewan di shelter dengan dalih untuk diselamatkan. Ada warga yang sengaja menelantarkan hewan tersebut dengan membawa hewan ke shelter.

"Penyelamatan itu ada kategorinya. Kita lihat dulu apakah hewan itu layak di-rescue atau tidak. Ada hewan yang giliran sakit, dibawa ke sini. Itu bisa masuk pada penelantaran hewan. Kasus begitu, biasanya kami hanya melakukan health support pada hewan itu," ucapnya.

Masyarakat juga bisa mengadopsi hewan-hewan di shelter AFMI ini. Syaratnya isi formulir, wawancara dan mengunjungi rumah calon pengadopsi.

"Kami harus memastikan kalau hewan akan dipelihara dengan baik. Banyak hewan yang sudah diadopsi oleh warga. Orang lokal ada, orang bule juga ada. Adopsi gratis tak ada biaya apapun," ujar Anne.

AFMI berjuang mengedukasi masyarakat Sulawesi Utara untuk memerhatikan prinsip kesejahteraan hewan (animal welfare). AFMI bergerak pada hewan domestik atau hewan peliharaan.

AFMI mempunyai program edukasi untuk mengubah pola pikir masyarakat untuk mengganti makanan. Hewan peliharaan itu tak untuk dimakan. AFMI pun bekerja sama dengan pemerintah, yang saat ini baru dengan Pemerintah Kota Tomohon untuk menekan penyebaran rabies. Di shelter selalu ada vaksin rabies gratis dan itu selalu tersedia.

Anne pun mengimbau masyarakat untuk lebih peduli dengan kesejahteraan hewan. Banyak masyarakat tak tahu bahwa perlakuan kasar pada hewan melanggar KUHP 302 tentang kesejahteraan hewan.

Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Siti Nurjanah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help