Entrepreneurship

Kisah Anak Petani yang Jadi Pengusaha Sukses di Manado

Ia terlahir sebagai seorang anak petani di lereng Gunung Soputan tepatnya Desa Winorangian, Kecamatan Tombatu, Minahasa Tenggara, Sulut.

Kisah Anak Petani yang Jadi Pengusaha Sukses di Manado
ISTIMEWA
Ivanry Matu 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Siapa yang menduga jika pengusaha kuliner sukses di Manado, Sulawesi Utara (Sulut), Ivanry Matu, CEO dan Owner Ocean27 Resto, ternyata adalah seorang anak petani dan tukang buat kue tradisional.

Ia terlahir sebagai seorang anak petani di lereng Gunung Soputan tepatnya Desa Winorangian, Kecamatan Tombatu, Minahasa Tenggara, Sulut.

Sebagai putra bungsu dari tiga bersaudara pasangan suami dan istri, Robert Matu yang berprofesi sebagai petani, dan Nortje Mona yang multi talenta, tak membuat Ivanry, sapaan akrab sang pengusaha ini, berkecil hati untuk menapaki kerasnya kehidupan.

Malah, menurut dia, profesi orangtuanya, adalah semangat, dan salah satu kunci kesuksesan dirinya.

"Sejak SD saya mulai merasakan naluri marketing, dengan menjual kue di sekolah. Saya mulai menyisihkan uang hasil imbalan keuntungan kue-kue biapong, panada, dan lain-lain buatan mama," ceritanya saat dikunjungi Tribunmanado.co.id di Ocean27 Resto, Malalayang, Manado, Sulut, Sabtu (11/08/2018).

Bahkan, sehabis sekolah dirinya berusaha membagi waktu untuk menjual kayu bakar milik pamannya.

"Saya berkeliling ke kampung tetangga dengan menggunakan roda sapi dengan imbalan yang cukup memuaskan. Sungguh masa kecil yang indah, dan yang menjadi kebanggaan sejak SD saya sudah bisa membayar uang SPP, membeli buku, dan sepatu sekolah saya," kenangnya.

Hari demi hari, tahun demi tahun pun telah dilewati.

Dua bulan usai wisuda, sosok Ivanry yang telah tumbuh dewasa, dengan keahlian marketingnya yang diasah sejak kecil, membuat dirinya diterima sebagai salah satu karyawan di PT Hasjrat Abadi, sebagai junior sales.

"Saya lulusan pertanian, tapi saya senang karena bisa menyisihkan dari 300-an pelamar dan dua yang diterima. Salah satunya saya. Puji Tuhan saya bisa kerja, pasti orangtua juga ikut senang," ujarnya.

Halaman
1234
Penulis: Indry Panigoro
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help