KPU Bolsel Nyatakan 11 Partai yang Memenuhi Syarat dan Ini Kendalanya

Ada beberapa kendala yang dihadapi satu diantaranya pengembalian berkas untuk diperbaiki dan semua menumpuk pada masa akhir yaitu 31 Juli 2018.

KPU Bolsel Nyatakan 11 Partai yang Memenuhi Syarat dan Ini Kendalanya
TRIBUNMANADO/FELIX TENDEKEN
Aktifitas di Kantor KPU Bolsel saat menggelar rapat 

Laporan Wartawan Tribun Manado, Felix Tendeken

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU - Kepala Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Fijey Bumulo, menuturkan tahap perbaikan berkas pengajuan Calon Legislatif (Caleg) dari masing-masing Partai Politik (Parpol) telah selesai.

"Tanggal delapan Juli diserahkan berita acara perbaikan dan semua Parpol dinyatakan memenuhi syarat (ms)," ujarnya.

Meski demikian kata dia, ada beberapa kendala yang dihadapi satu diantaranya pengembalian berkas untuk diperbaiki dan semua menumpuk pada masa akhir yaitu 31 Juli 2018.

Belum lagi masalah Sistem Informasi Calon secara Online (Silon) karena KPU wajib memasukan data verifikasi kedalam sistem tersebut dengan caraengunggah.

"Kemudian Silon bermasalah proses unggah lambat belum lagi gangguan signal yang membuat kami harus berulang-ulang untuk mengunggah," kata dia.

Masalah lain yang begitu terasa yaitu pengurus Parpol berpindah partai kemudian masa deklarasi dan pendaftaran begitu dekat sehingga kesulitan mendapat pengurus.

"Ada yang pindah Bacaleg di partai lain," ujarnya.

Sementara itu dari tahap awal pendaftaran hanya 11 Parpol yang dinyatakan lolos sementara lima partai tidak mengajukan Calegnya dan harus tersingkir dari 'papan catur' Pilcaleg 2019.

"Yang tersingkir karena alasan tadi yaitu Partai Gerakan Perubahan Indonesia, Berkarya, Solidaritas Indonesia, Bulan Bintang, dan Keadilan Sosial Indonesia," jelas Fijey.

Nama Parpol dan jumlah Caleg yang memenuhi syarat jumlah total 153 orang

  1. PKB 8 orang
  2. Gerindra 12 orang
  3. PDIP 20 orang
  4. Golkar 20 orang
  5. NasDem 20 orang
  6. PKS 3 orang
  7. Perindo 18 orang
  8. PPP 9 orang
  9. PAN 12 orang
  10. Hanura 20 orang
  11. Demokrat 11 orang
Tags
KPU Bolsel
Penulis: Felix Tendeken
Editor: Siti Nurjanah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help