Home »

News

» Jakarta

Jelang Deklarasi, Mahfud MD Makin Menguat Jadi Cawapres Jokowi

Mahfud MD, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) hampir dipastikan menjadi cawapres Joko Widodo.

Jelang Deklarasi, Mahfud MD Makin Menguat Jadi Cawapres Jokowi
KOMPAS.com/FABIANUS JANUARIUS KUWADO
Joko Widodo dan Mahfud MD. Foto diambil saat Jokowi yang menjabat sebagai Gubernur Jakarta dan mantan Ketua MK Mahfud MD hadir dalam acara diskusi bersama aktivis Nahdlatul Ulama di Hotel Lumire, Jakarta Pusat, 12 Maret 2014. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Mahfud MD, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK)  hampir dipastikan menjadi cawapres Joko Widodo.

Pada pertemuan antar partai politik pendukung Jokowi untuk Pilpres 2019, Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding menyebut Mahfud sebagai salah satu kandidat cawapres yang namanya menguat.

"(Mahfud MD) salah satunya menguat," kata Abdul sebelum pertemuan dimulai, di Restoran Plataran Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/8/2018).

Baca: Capres dan Cawapres 2019 - Inisial M Menguat, Sosok Mahfud MD Jadi Sorotan Damping Jokowi

Sementara itu, Sekjen Partai Nasdem Jhony G Plate mengatakan Mahfud merupakan seorang pemimpin yang berpengalaman.

"Punya pengalaman memimpin lembaga negara yang luar biasa sulit. Pernah jadi menteri, pernah jadi ketua MK, dan seterusnya," terangnya.

Baca: Inilah Harta Kekayaan Jokowi dan Prabowo yang Digadang Jadi Capres di Pilpres 2019, Siapa Terbanyak?

Namun demikian, baik Abdul maupun Jhony, belum dapat memastikan namacawapres Jokowi, termasuk belum bisa membeberkan apakah nama cawapres Jokowi akan diumumkan usai pertemuan atau tidak.

"Tetapi nanti kami akan selesaikan bicarakan sore ini beberapa waktu lagi. Dan itu nanti akan disampaikan siapa yang sebenarnya akan menjadi cawapres Jokowi," tutur Jhony.

Hingga berita ini diturunkan, terpantau sejumlah Ketua Umum dan Sekjen Parpol pendukung Jokowi untuk Pilpres 2019 masih berdatangan.

Baca: Dituding Anti-Islam, Ini Jawaban Jokowi

Seperti Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, Sekjen PKB Abdul Kadir Karding.

Baca: Bukan 10 Juta, Jokowi Sebut Hanya 23.000 TKA China di Indonesia

Selanjutnya, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Sekjen Partai Nasdem Jhony G Plate, Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (PSI) Grace Natali, Sekjen PSI Raja Juli Antoni, Ketua Umum Partai Perindo Harry Tanoesodibjo, hingga Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Diaz Hendropriyono.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sinyal Mahfud MD Jadi Cawapres Jokowi Menguat", https://nasional.kompas.com/read/2018/08/09/16585721/sinyal-mahfud-md-jadi-cawapres-jokowi-menguat.
Penulis : Fitria Chusna Farisa
Editor : Diamanty Meiliana

Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help