Gerindra Deklarasi Capres-Cawapres Hari Kamis: PKS Ngotot, PAN Tolak AHY

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman berharap bakal capres dan cawapres tidak menunggu hari terakhir

Gerindra Deklarasi Capres-Cawapres Hari Kamis: PKS Ngotot, PAN Tolak AHY
IST
Prabowo dan Ustad Abdul Somad 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman berharap bakal capres dan cawapres tidak menunggu hari terakhir pendaftaran yakni tanggal 10 Agustus 2018. Namun Arief mengatakan jika pasangan calon bersikukuh tetap memilih hari terakhir, KPU meminta agar dokumen yang diperlukan lengkap.

"Mudah-mudahan partai politik bisa segera menyelesaikan urusannya, tidak perlu menunggu tanggal 10. KPU tentu lebih nyaman," ujar Arief Budiman.

Untuk memastikan semua dokumen siap dan benar, KPU juga mempersilakan Parpol untuk berkonsultasi perihal persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan.

Arief juga mengingatkan parpol untuk membantu KPU menciptakan suasana pendaftaran yang tertib. Berdasar pengalaman, pendaftaran capres-cawapres hanya sebentar, justru pesta pascapendaftaran yang berlangsung hingga larut malam."Pesan pendukung menjaga ketertiban, kebersihan, keamanan," ujar Arief.

Dia menjelaskan, hanya terdapat 170 orang yang dapat masuk ke area kantor KPU RI. Sebanyak, 50 orang diperbolehkan naik ke lantai dua untuk mendampingi pasangan capres-cawapres mendaftarkan diri. Setelah masuk ke area pendaftaran, kata dia, pasangan capres-cawapres menyerahkan berkas dokumen.

Lalu, pasangan capres-cawapres beserta pendamping diberikan area khusus sambil menunggu proses pendaftaran berlangsung.

Selain itu, di ruang pendaftaran juga diperbolehkan para penyelenggara Pemilu, seperti KPU RI, Bawaslu RI, dan DKPP. "Yang mendampingi hanya pimpinan parpol. Silakan ditunjuk," kata Arief.

Sementara itu, untuk 120 orang lainnya hanya diperbolehkan berada di lapangan kantor KPU RI. Pihak KPU RI menyediakan tenda berukuran besar yang didalamnya telah diletakkan ratusan kursi bersama dengan dua layar lebar.

Nantinya, melalui layar lebar itu, dapat dilihat aktivitas pada saat pasangan capres-cawapres mendaftarkan diri. "Di bawah, 120 orang bisa melihat screen. Sediakan giant screen dua," kata dia.

Sedangkan, bagi parpol membawa pendukung hanya diperbolehkan di luar pagar kantor KPU RI. Instansi Polri akan melakukan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas di lokasi tersebut. "Partai membawa ribuan pendukung silakan diatur di luar pagar.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved