Wali Kota Bitung Jelaskan Soal Penanganan Sampah di Kementerian Kemaritiman

Wali Kota Bitung Maximiliaan Lomban bahas soal penanganan sampah saat mengikuti rapat koordinasi di Hotel Borobudur, Selasa (07/08/2018).

Wali Kota Bitung Jelaskan Soal Penanganan Sampah di Kementerian Kemaritiman
ISTIMEWA
Wali Kota Bitung Maximiliaan Lomban di sela rapat koordinasi di Hotel Borobudur Lapangan Banteng Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (07/08/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG - Wali Kota Bitung Maximiliaan Lomban bahas soal penanganan sampah saat mengikuti rapat koordinasi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah di Hotel Borobudur Lapangan Banteng Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (07/08/2018).

Lomban menyampaikan bahwa kegiatan tersebut di pimpin langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan yang tengah menyiapkan dan finalisasi peraturan terkait pengendalian sampah nasional.

"Kegiatan tadi dipimpin Menkomar bapak Luhut Panjaitan, dan agenda pembahasan terkait penerapan kebijakan penanggulangan sampah melalui aktivitas kegiatan dalam program penanganan persampahan, karena masalah sampah saat ini kata pak menteri sudah menjadi masalah global," jelasnya.

Ada beberapa data dan informasi yang diminta oleh kementerian seperti kebijakan pemerintah tentang Perda terkait
pengelolaan sampah, kebijakan pemerintah tentang besaran alokasi APBD untuk penanganan sampah di Kota Bitung.

"Juga mengenai data jumlah produksi, komposisi, sarana, dan prasarana sampah daerah di Kota Bitung," jelasnya.

Ia mengatakan, bahwa belum optimalnya pengelolaan sampah di Indonesia salah satunya disebabkan oleh infrastruktur dan optimalisasi pelayanan sampah kerap terkendala karena anggaran yang terbatas.

"Peningkatan pelayanan sampah juga masih belum dijadikan prioritas oleh beberapa pemerintah daerah, tetapi di Kota Bitung lewat program 5 bersih dan Go Green adalah bukti Kota Bitung sangat concern dengan penanganan persampahan," jelasnya.(Tribun Manado/Alpen Martinus)

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help