Polisi Amankan 20 Orang Terkait Miras dan Proses 2 Pemuda yang Membawa Sajam

Secara serentak, Kepolisian Resor Kota Manado dan jajarannya yakni 14 Kepolisian Sektor melaksanakan Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan.

Polisi Amankan 20 Orang Terkait Miras dan Proses 2 Pemuda yang Membawa Sajam
TRIBUNMANADO/HANDHIKA DAWANGI
Kapolresta Manado, Kombes FX Surya Kumara 

Laporan Wartawan Tribun Manado, Handhika Dawangi

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Secara serentak, Kepolisian Resor Kota (Polresta) Manado dan jajarannya yakni 14 Kepolisian Sektor (Polsek) melaksanakan Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KKYD), Sabtu (4/8/2018) malam.

Polsek Pineleng, Polsek Wanea, Polsek Malalayang, Polsek Sario, Polsek Wenang, Polsek Pelabuhan, Polsek Tikala, Polsek Singkil, Polsek Mapanget, Polsek Bandara, Polsek Tuminting, Polsek Bunaken, Polsek Wori, dan Polsek Tombulu.

Memeriksa mikrolet yang memutar musik dengan keras, melakukan patroli di wilayah hukum masing-masing ada yang menggunakan kendaraan maupun jalan kaki, menyampaikan pesan kamtibmas, mengontrol aktivitas kapal laut, menggeledah barang milik penumpang, mengatur lalu lintas, memeriksa bagasi pesawat, memeriksa penumpang mencurigakan, hingga mengamankan miras, serta memproses yang membawa sajam.

"Polresta Manado secara serentak dengan jajaran polsek melaksanakan KKYD di Sabtu malam (akhir pekan). Ini kami laksanakan untuk mengantisipasi terjadinya tindak pidana," ujar Kapolresta Manado Kombes FX Surya Kumara kepada Tribun Manado, Minggu (5/8/2018).

Kapolresta mengatakan, bagi yang kedapatan minum minuman keras diamankan kemudian dibawa ke mako.

"Diberi pembinaan dan meminta agar menyatakan tidak akan mengulanginya lagi," ujar kapolresta.

Namun bagi yang kedapatan membawa senjata tajam (sajam), proses hukum akan dilaksanakan.

"Kita proses. Ancaman hukumannya 10 tahun penjara. Diatur dalam Pasal 2 ayat (1) Undang-undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951," ujar kapolresta.

Adapun jumlah orang yang diamankan karena miras ada 20 orang terdiri atas yang diamankan Polresta Manado yakni delapan remaja di Dendengan Dalam, Paal Dua, delapan remaja di Shoping Center.

Kemudian yang diamankan Polsek Tikala yaitu satu orang dan barang bukti 600 ML cap tikus dan satu liter minuman berlabel.

Ada juga yang diamankan Polsek Tuminting yakni tiga orang yang minum miras di Boulevard Tuminting.

Polsek Tuminting juga mengamankan dua pemuda yang membawa sajam.

Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Siti Nurjanah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved