Ini Prediksi Tanggal Peluncuran iPhone 2018

Bocoran spesifikasi lini iPhone terbaru memang sudah banyak beredar. Namun kapan tanggal pasti peluncurannya masih dirahasiakan.

Ini Prediksi Tanggal Peluncuran iPhone 2018
google
Iphone 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Bocoran spesifikasi lini iPhone terbaru memang sudah banyak beredar. Namun kapan tanggal pasti peluncurannya masih dirahasiakan.

Apple sendiri masih bungkam mengenai tanggal peluncuran ponsel andalannya itu. Namun, ada pola khusus yang diterapkan Apple selama enam tahun untuk menetapkan tanggal pengumuman iPhone.

Pola ini bisa digunakan untuk memprediksi kapan pengenalan iPhone 2018 akan dihelat. Dalam enam tahun terakhir, iPhone selalu diperkenalkan ke publik secara resmi antara hari Selasa atau Rabu.

Biasanya, pekan peluncuran tak lebih dari minggu kedua bulan September. Dengan begitu, opsi yang bisa diperkirakan adalah tanggal 4, 5, 11, dan 12 September.

Dari sejarahnya, peluncuran iPhone juga mengikuti libur nasional Hari Buruh di Amerika Serikat.

Di Negeri Paman Sam, libur Hari Buruh jatuh setiap hari Senin bulan pertama September. Jika Hari Buruh jatuh tanggal 3 September lebih awal, Apple biasanya merilis iPhone pada pekan berikutnya.

Namun jika Hari Buruh jatuh pada tanggal 5 September atau setelahnya, maka pengenalan iPhone biasanya dilakukan dua hari pasca Hari Buruh, seperti yang terjadi pada tahun 2015 dan 2016.

Pola peluncuran iPhone dalam enam tahun terkahir(Cnet)
Pola peluncuran iPhone dalam enam tahun terkahir(Cnet) ()

Tahun 2018 ini, Hari Buruh di AS tepat jatuh pada hari Senin. Jadi kemungkinan, jika menilik pola sebelumnya, iPhone 2018 akan diperkenalkan pada minggu berikutnya. Berarti bisa jadi tanggal 11 atau 12 September.

Hal ini juga terjadi tahun lalu saat peluncuran iPhone X dan duo iPhone 8. Hari Buruh jatuh tanggal 4, dan tiga ponsel tersebut dikenalkan tanggal 12 September 2017, seperti dihimpun KompasTekno dari Cnet, Jumat (3/8/2018).

Soal tanggal ketersediaan, iPhone biasanya mulai tersebar di pasaran sekitar satu setengah minggu sejak peluncuran.

Biasanya, mereka mengadakan pre-order lebih dulu pada periode tersebut.

Kecuali kasus khusus seperti iPhone X dan iPhone SE yang pemesanan awal serta ketersediannya lebih lama.

Di Amerika Serikat penjualan iPhone terakhir jatuh pada hari Jumat atau sekitar minggu ketiga September.

Dengan begitu, tanggal 12 September memiliki peluang besar menjadi tanggal pengumuman iPhone 2018, seperti yang terjadi pada iPhone X dan iPhone 8 tahun lalu, serta iPhone 5 tahun 2012.

Namun untuk kepastiannya, fanboy harus menunggu pengumuman resmi dari sang vendor. Setidaknya, dengan melihat prediksi ini, para fanboy bisa menabung untuk meng-upgrade iPhone ke versi teranyar.

Editor: Rine Araro
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved