Capres Alternatif Berpeluang: AHY-Cak Imin-JK Bermanuver

Politik adalah seni tentang kemungkinan! Peluang munculnya poros ketiga di Pilpres 2019 kembali mengemuka.

Capres Alternatif Berpeluang: AHY-Cak Imin-JK Bermanuver
Internet
Wakil Presiden Jusuf Kalla 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA – Politik adalah seni tentang kemungkinan! Peluang munculnya poros ketiga di Pilpres 2019 kembali mengemuka. Selain kubu petahana Joko Widodo dan Prabowo Subianto, belakangan ada spekulasi poros ketiga.

Peluang calon presiden dan calon wakil presiden alternatif makin terbuka. Poros ini akan diperkuat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Hitungan lain menyebutkan, apabila Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tak jadi cawapres Prabowo, Partai Demokrat bisa membentuk poros baru asalkan didukung PKB dan PAN. Kedua skenario ini diluar manuver Jusuf Kalla yang menggugat dua periode presiden dan wapres di Mahkamah Konstitusi.

Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, menyatakan partainya tidak terkunci dalam koalisi Jokowi untuk Pilpres 2019. Hal itu disampaikan Cak Imin menanggapi cawapres pendamping Jokowi yang hingga kini belum juga diumumkan.

Cak Imin menyatakan PKB dan mitra koalisi sudah bersepakat memberi waktu kepada Jokowi untuk mempertimbangkan cawapresnya sendiri.

“Tidak (terkunci). Memang itu kesepakatan kita memberi kesempatan kepada beliau untuk menimang-nimang,” ujar Cak Imin di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (2/8/2018). Cak Imin menuturkan hingga saat ini dirinya belum mengetahui siapa sosok yang bakal dipilih Jokowi. Namun, ia mengaku yakin Jokowi bakal memilih dirinya sebagai cawapres.

Wakil Sekjend PKB Jazilul Fawaid memberi pandangannya terkait kubu Prabowo yang sejauh ini menjadi satu-satunya penantang koalisi Jokowi di Pilpres 2019.

Komandan Kogasma Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), saat pelantikan DPD dan DPC Partai Demokrat di Stadion Gemilang Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (10/4/2018).
Komandan Kogasma Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), saat pelantikan DPD dan DPC Partai Demokrat di Stadion Gemilang Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (10/4/2018). (KOMPAS.com/IKA FITRIANA)

Dia menganggap koalisi pendukung Prabowo belum siap karena dinamika di kubu Prabowo belum selesai, terutama dalam hal kandidat cawapres. Jazilul juga melihat pertemuan partai-partai koalisi Prabowo selama ini belum juga menemukan kata sepakat perihal cawapres.

“Saya dalam konteks dinamika ya, karena kubu sebelah ini belum selesai. Kalau di kita kan setengah selesai. Kalau di sana bentuknya nggak ada sama sekali, kalau kita sudah ada bentuknya,” kata Jazilul.

Masih menurut Cak Imin, PKB punya rencana menggelar pertemuan dengan puluhan kiai Nahdlatul Ulama (NU) sebagai ancang-ancang bila Jokowi tak memberikan jatah cawapres. Meski begitu, PKB membantah akan membentuk poros ketiga. “Hari ini kesepakatan kami masih dorong JOIN, Jokowi-Cak Imin,” ungkap Sekjen PKB Abdul Kadir Karding, Jumat (3/8/2018).

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved