Warga Tosuraya Tergerak Jaga Kebersihan dengan Adanya Bank Sampah Sayang Bumi

Biasa sampah plastik berhamburan dan dibuang percuma masyarakat. Dengan adanya bank sampah ini bisa dibersihkan, hingga memiliki nilai ekonomis

Warga Tosuraya Tergerak Jaga Kebersihan dengan Adanya Bank Sampah Sayang Bumi
Tribun manado / Christian Wayongkere
Warga Melintas di Depan Bank Sampah Sayang Bumi 

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN - Danold Powa peserta bank sampah 'Sayang Bumi' di Kelurahan Tosuraya Barat Lingkungan I, Kecamatan Ratahan, mengungkapkan kegunaan bank sampah.

"Biasa sampah plastik berhamburan dan dibuang percuma masyarakat. Dengan adanya bank sampah ini bisa dibersihkan, hingga memiliki nilai ekonomis meski kecil," kata Donald warga lingkungan I, Jumat (3/8/2018).

Dengan adanya bank sampah lingkungan bisa bersih. Keterlibatan sebagai anggota kelompok bank sampah secara tidak langsung sudah bisa mengatasi masalah kebersihan, karena hal itu yang paling utama masyarakat bisa ambil peran jaga dan bersihkan lingkungan dari sampah.

"Bukan nilainya yang dikejar, karena hasil dari sampah plastik yang dijual diterima nanti beberapa bulan ke depan," tandasnya.

Kepala Seki Pengolahan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Mitra, Vera Manaroinsong mengatakan, tahun ini akan digalakkan bank sampah melalui sosialisasi, agar setiap desa/kelurahan hingga kecamatan ada bank sampah.

"Anggaran yang dimasukan pada anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) perubahan tahun 2018 untuk sosialisasi bank sampah Rp 20 juta," urai Vera. (crz)

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved