Mobile Masjid Mejeng di Arena GIIAS 2018: Pengunjung Banyak Cari Motor

Mobile masjid atau masjid keliling hadir dalam gelaran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018

Mobile Masjid Mejeng di Arena GIIAS 2018: Pengunjung Banyak Cari Motor
TRIBUNMANADO/FINNEKE WOLAJAN
SPG Suzuki di GIIAS 2017 

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Mobile masjid atau masjid keliling hadir dalam gelaran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Tangerang.

Mobil bertipe van tersebut terlihat seperti mobil pada umumnya. Namun mobil tersebut dilengkapi dengan fasilitas dan perlengkapan ibadah.

Fasilitas dan perlengkapan ibadah yang disediakan oleh Yayasan Masjid Nusantara sebagai lembaga yang menaunginya antara lain karpet, tenda berukuran 4x4 meter, pengeras suara untuk mengumandangkan azan, kotak amal, enam keran dan tangki air berukuran besar, serta sendal untuk bersuci.

Selain itu mobil masjid juga menyediakan fasilitas ibadah lainnya seperti sarung dan mukena. Terlihat beberapa pekerja yang yang tengah berada di luar gedung ICE mendatangi mobil masjid menyempatkan diri beribadah di tengah kesibukannya.

Untuk menentukan arah kiblat, relawan mobil masjid, Dani (39) mengatakan mengandalkan aplikasi dalam ponselnya.

Selain di ajang GIIAS 2018, Dani mengatakan selama ini dirinya juga pernah membawa mobil masjid ke beberapa pagelaran di luar ruangan seperti pertandingan sepak bola di stadion Jalak Harupat Bandung atau di event lain di sekitar Bandung.

Pria asal Sumedang Jawa Barat itu menceritakan jika mobil tersebut sangat berguna bagi umat muslim yang ingin menjalankan ibadah.

Ia bahkan masih ingat ketika berada di Stadion Jalak Harupat, belasan polisi yang sudah menunggu mobil masjid langsung ikut membantu membangun tenda dan menyiapkan fasilitaa lainnya.

"Waktu itu macet jadi telat. Polisi banyak juga yang butuh masjid untuk salat," kenang Dani.

Ia pun sempat mendengar cerita dari salah seorang ibu yang sempat salat di mobil masjid dan membandingkannya dengan mobil masjid di Jepang. Kata Dani ibu itu mengatakan mobil masjid di Jepang memiliki pendingin udara.

Halaman
123
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved