5 Truk Sampah di DLH Kotamobagu Rusak Berat

Lima dump truck sampah di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotamobagu, Sulawesi Utara, rusak berat.

5 Truk Sampah di DLH Kotamobagu Rusak Berat
TRIBUN MANADO/VENDI LERA
Dump truck dalam kondisi rusak terparkir di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotamobagu, Sulawesi Utara, Kamis (02/08/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU - Lima dump truck sampah di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotamobagu, Sulawesi Utara, rusak berat.

Kepala seksi Pengeloaan Persampahan Toto Susanto mengatakan, rata-rata mobil yang rusak berat dari Bolaang Mongondow Induk.

Dari Bolmong Induk empat unit dan Pemkot Kotamobagu satu unit.

"Empat unit sudah tak bisa lagi diperbaiki sedangkan satu unit pengadaan Pemkot Kotamobagu, akan diusahakan tahun ini beroperasi," ujar Toto Susanto, Kamis (02/08/2018).

Kata dia, sekarang jumlah kendaraan yang beroperasi di Kotamobagu, dump truck 16, pick up 4 unit, dan motor sampah 4 unit.

Tahun ini dari Januari-Juli, hampir semua mobil masuk bengkel.

Antara lain, dump truck 15 unit dan pick up 3 unit.

Lanjut dia, memang khusus Kotamobagu, masih kekurangan armada pengangkut sampah.

Rata-rata perhari 54 ton jumlah produksi sampah.

Mengantisipasi hal tersebut ada beberapa armada yang mengangkut sampah disesuaikan dengan kesepakatan di Kelurahan. Tujuan agar semua sampah di Kotamobagu, bisa terkaver semua.

Kepala Bidang Pengelolaan Persampahan dan Limba B3 Masril Lapadengan mengatakan, mengantisipasi keruskan mobil angkutan, DLH mewajibkan sopir mencuci kendaraan sebelum diparkir di kantor.

"Sampah memiliki zat asam tinggi, yang rusak besi mobil. Ini mempercepat terjadinya karat sehingga cepat rusak. Maka dianjurkan cuci setiap hari," ujar Marsil.

Ia menambahkan, biaya suku cadang dan jasa service perlu ditambah mengingat umur mobil dari 2009. (Tribunmanado.co.id/Vendi Lera)

Penulis: Vendi Lera
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help