Petugas Gabungan di Mitra Tangkap Anjing Berkeliaran, Pria Paruh Baya Ini Langsung Peluk Anjingnya

Saya langsung tangkap anjing saya beranama Karlo, karena sayang kalau tertangkap petugas

Petugas Gabungan di Mitra Tangkap Anjing Berkeliaran, Pria Paruh Baya Ini Langsung Peluk Anjingnya
Tribun manado / Christian Wayongkere
Pria ini memeluk anjingnya 

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN - Pria paruh baya bernama Markus Wahong, warga Kelurahan Wawali Kecamatan Ratahan Minahasa Tenggara (Mitra), langsung mengambil dan memeluk erat seorang anjingnya yang sedang berkeliaran di jalan, Selasa (31/7/2018).

Di saat bersamaan sejumlah petugas gabungan dari Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Satpol PP Mitra, tengah melakukan penertiban anjing yang tak diikat dan bekeliaran di jalan.

"Saya langsung tangkap anjing saya beranama Karlo, karena sayang kalau tertangkap petugas," kata Markus sambil memeluk erat anjing berwarna hitam.

Anjing Karlo luput dari penertiban, petugas langsung memberikan rantai dan mengimbau kepada Markus untuk mengikat di rumah agar tak berkeliaran.

"Sebagai pemilik anjing menilai sangat bagus jika anjing peliharan warga diikat dalam rumah, karena saat ini marak aksi pencurian anjing atau potas," tandasnya.

Tercatat ada 14 ekor anjingterjaring saat penertiban petugas gabungan.

Penertiban sebagai Penerapan Peraturan Daerah Nomor 2 tahun 2016 tentang penanggulangan hewan beresiko rabies.

Menurut Donald Lumingkewas, Kabid Peternakan Dinas Pertanian Mitra, penertiban ini akan dilakukan hingga 12, Kecamatan di Mitra dengan sasaran anjing milik masyarakat yang bekeliaran di jalan.

"Kami akan tegakkan aturan ini," tegas Donald.

Lanjut dia, selain penegakkan Perda, penertiban dilakukan karena di Mitra akan melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka menyambut HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 73, jika anjing berkeliaran akan menganggu kegiatan seperti pawai.

Selain itu Mitra tengah mengagungkan sebagai daerah destinasi pariwisata domestik dan mancanegara. Keberadaan anjing yang berkeliaran akan membawa pengaruh wisatawan yang datang.

"Khusus mereka yang datang berwisata ke Mitra dari luar negeri sangat takut dengan anjing dan penyakit rabies," jelasnya.

Ke 14 ekor anjing yang terjaring langsung dibawa ke kantor Dinas Pertanian dan Satpol PP untuk diberi vaksin, lalu dipersilakan diambil oleh pemiliknya. (crz)

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved