(VIDEO) Kisah Dokter Keluarkan 3,65 Kg Rambut dari Perut Remaja Putri

Gumpalan rambut tersebut berwarna coklat kehitaman, memiliki ukuran 35 x 13 cm dengan berat 3,65 kilogram.

TRIBUNMANADO.CO.ID - Dokter bedah di Rumah Sakit Anak daerah Mangystau kota Aktau, Kazakhstan baru saja mengeluarkan gumpalan rambut dari perut remaja putri.

Gumpalan rambut tersebut berwarna coklat kehitaman, memiliki ukuran 35 x 13 cm dengan berat 3,65 kilogram dan mirip dengan bentuk bayi yang baru lahir.

Dilansir dari Daily Mirror, Jumat (27/7/2018), Kepala Departemen Bedah Sultanbek Tumashev mengatakan bahwa gumpalan tersebut hampir memenuhi perut dari si gadis.

Setelah Sultanbek menanyai orang tua dari gadis itu, ternyata gadis tersebut memiliki kebiasaan buruk, yakni mengunyah rambut.

Karena adanya gumpalan rambut itu, gadis tersebut memiliki tubuh yang kurus akibat kurang nutrisi.

Ia juga sering mengalami mual dua tahun terakhir, hingga rasa sakitnya memuncak kemudian dibawa ke rumah sakit.

Setelah dilakukan operasi, dokter optimis jika gadis tersebut akan sembuh dan telah diperbolehkan puang dari rumah sakit.

Dilansir dari hellosehat, kasus di atas sering disebut sebagai sindrom rapunzel atau Trichobezoar ini merupakan istilah medis untuk menunjukkan adanya rambut berjumlah banyak di dalam perut.

Jumlahnya ini memang terkadang sangat banyak dan tidak masuk akal, yang membuat sakit perut pada penderitanya.

Biasanya para penderita penyakit ini memiliki kelainan untuk makan rambut setiap hari dan membuat pencernaan menjadi terganggu karena rambut tidak dapat dicerna oleh organ pencernaan.

Halaman
12
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved