Dokter Runtung: Pakai Antibiotik Sesuai Petunjuk Dokter

Banyak warga yang belum teredukasi dengan benar bagaimana menggunakan antibiotik yang seharusnya.

Dokter Runtung: Pakai Antibiotik Sesuai Petunjuk Dokter
Ist
dr. Clief C. Runtung 

Laporan Wartawan Tribun Manado, Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Banyak warga yang belum teredukasi dengan benar bagaimana menggunakan antibiotik yang seharusnya. Serta bahaya apa yang menghantui ketika antibiotik digunakan secara sembarangan.

Fenomena yang terjadi saat ini, masyarakat meminum antibiotik tanpa resep dokter. Apalagi antibiotik saat ini dijual bebas di warung-warung.

Sekali, dua kali minum antibiotik, ketika merasa sehat, masyarakat langsung berhenti meminumnya. Padahal menggunakan antibiotik harus sesuai dengan jumlah dan takarannya, sesuai petunjuk dokter.

Dokter dari RSUP Kandou Malalayang, Clief C. Runtung mengatakan, penggunaan antibiotik harus rasional. Rasional dalam hal ini harus benar petunjuk dan tepat indikasi.

Yang ditakutkan kalau penggunaan antibiotik tidak rasional adalag dampak jangka panjangnya.

Yakni terjadi resistensi antibiotik meningkat dan akan semakin sulit menemukan antibiotik yang sesuai bila ada penyakit baru yang muncul.

"Selain itu dampak buruk secara klinis, penggunaan yang tidak rasional juga meningkatkan biaya pada perawatan. Jadi pakailah antibiotik sesuai petunjuk dokter yang merawat anda," kata Dokter Clief saat diwawancarai Tribun, Sabtu (28/7) malam.

Editor: Siti Nurjanah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved