BNNK Manado Minta Guru dan Orangtua Waspada Peredaran Gelap Narkoba

Permasalahan kasus narkoba saat ini menjadi sebuah polemik serta kekhawatiran berbagai pihak dan tidak bisa dianggap sepele.

BNNK Manado Minta Guru dan Orangtua Waspada Peredaran Gelap Narkoba
Ist
Kepala BNNK Manado, AKBP Eliasar Sopacoly 

Laporan Wartawan Tribun Mnaado, Handhika Dawangi

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Memasuki tahun ajaran baru, Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Manado meminta guru dan orangtua agar waspada penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

"Penyalahgunaan narkoba terus mengancam masyarakat terutama generasi muda. Bahkan bahaya narkoba bisa masuk ke dalam dunia pendidikan. Untuk itu selalu waspada," ujar Kepala BNNK Manado, AKBP Eliasar Sopacoly, Sabtu (28/7/2018).

Lanjut dia, permasalahan kasus narkoba saat ini menjadi sebuah polemik serta kekhawatiran berbagai pihak dan tidak bisa dianggap sepele.

"Narkoba dapat masuk kapan saja dan kepada siapa saja termasuk kepada para pelajar," ujar dia.

Untuk mengantisipasi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba masuk ke dunia pendidikan. BNNK Manado menghimbau terhadap sekolah dan orang tua siswa agar selalu mengawasi anaknya dengan ketat serta sering melakukan razia barang bawaan.

"Selain itu perlu diwaspadai juga penyalahgunaan obat-obat ilegal atau obat keras daftar G yaitu Trihexyphenidyl (TRIHEX atau biasa disebut pil kuning), Tramadol, dan Somadril," ujar dia.

Obat yang berbentuk pil memiliki efek samping yaitu gangguan sistem kekebalan tubuh, gangguan kejiwaan, kekhawatiran, gelisah, kebingungan, agitasi, delusi, halusinasi, insomnia.

Selain itu akan ada euforia yang berlebihan, fangguan sistem saraf, pusing, penurunan fungsi memori dalam jangka pendek, memburuknya miastenia gravis, gangguan jantung, gangguan gastrointestinal, mulut kering, sembelit, mual, muntah, gangguan jaringan kulit dan subkutan, kulit kering dan memerah, ruam kulit,gangguan ginjal dan urin, retensi urin, sulit buang air kecil.

Untuk itu AKBP Eliasar mengajak mari kita selamatkan anak, saudara, teman dan masyarakat dari penyalahgunaan narkoba.

Ayo bersama-sama kita bergandengan tangan untuk terus melaksanakan pencegahan penyalahgunaan narkoba, dimanapun, kapanpun dan dengan siapapun yang kita temui di lapangan.

"Jika masyarakat Kota Manado mengetahui ada tindak penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba di
lingkungannya, silakan untuk aktif melaporkan ke BNN Kota Manado dengan menghubungi Call Center BNN Kota Manado 0431-841481, 081340051111," ujar AKBP Eliasar Sopacoly.

Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Siti Nurjanah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help