Parpol Belum Penuhi Syarat, Sunday Harap Perbaikan Berkas tak pada Injury Time

KPU Manado berharap parpol memanfaatkan tahapan perbaikan daftar calon dan syarat calon serta syarat pengajuan bakal calon

Parpol Belum Penuhi Syarat, Sunday Harap Perbaikan Berkas tak pada Injury Time
TRIBUNMANADO/FINNEKE WOLAJAN
KPU Manado saat pengajuan berkas PDIP waktu lalu 

Laporan Wartawan Tribun Manado Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Komisi Pemilihan Umum Manado berharap parpol memanfaatkan tahapan perbaikan daftar calon dan syarat calon serta syarat pengajuan bakal calon pengganti anggota DPR RI, provinsi dan kabupaten kota.

Sesuai PKPU Nomor 5 Tahun 2018, tahapan ini berlangsung 22-31 Juli.

Ketua KPU Manado, Sunday Rompas mengatakan hingga saat ini 16 parpol peserta pemilu di Kota Manado belum ada yang melengkapi berkas.

Saat ini parpol masih sebatas konsultasi.

"547 bacaleg dari 16 parpol semuanya bermasalah. Satu berkas calon saja salah, itu berdampak pada parpol. Sejauh ini belum ada yang memperbaikinya," ujarnya Jumat (27/7/2018).

Sunday berharap, parpol memasukkan berkas tak pada injury time. Sebab KPU Manado kewalahan harus menangani semua parpol di hari terakhir.

"Manfaatkan waktu sebelum deadline. Kami harap tak di hari terakhir," jelasnya.

Dalam proses perbaikan ini, pergantian calon harus memenuhi lima syarat.

Di antaranya calon meninggal dunia, belum memenuhi syarat, mengundurkan diri, proses pencalonan mendapat kekuatan hukum tetap, mantan napi korupsi, pelecehan anak di bawah umur serta bandar narkoba.

Dalam hal mengundurkan diri, surat pengunduran diri dari calon tidak boleh diserahkan langsung oleh yang bersangkutan ke KPU, tetapi harus parpol yang membawa surat tersebut kepada KPU.

Jam pelayanan untuk perbaikan mulai pukul 08.00 - 16.00 Wita. Khusus untuk tanggal 31 Juli 2018, KPU akan melayani perbaikan syarat calon yang belum memenuhi syarat, pergantian calon dan perubahan nomor urut sampai pukul 24.00 Wita.

Jika hingga batas waktu belum penuni syarat, KPU akan mencoret nama calon tersebut. Sebab tanggal 1 - 7 Agustus adalah tahapan verifikasi perbaikan daftar calon dan syarat calon anggota DPR RI, provinsi dan kabupaten kota.

Menurutnya, sesudah tanggal 31 Juli 2018, tidak ada lagi perubahan nomor urut calon dan untuk pergantian calon hanya bisa dilakukan apabila ada calon meninggal dunia, dalam verifikasi ada calon mantan napi korupsi, bandar narkoba dan pelecehan anak di bawah umur. (fin)

Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved