Advetorial

Liow Bersyukur Bupati Minsel Bantu Sejahterakan Petani Modoinding

Renly Liow, Kepala Balai Penyuluhan Pertanian Modoinding merasa bersyukur karena Bupati Doktor (HC) Christiany Eugenia Paruntu

Liow Bersyukur Bupati Minsel Bantu Sejahterakan Petani Modoinding
TRIBUNMANADO/ANDREW PATTYMAHU
Christiany Eugenia Paruntu 

Laporan Wartawan Tribun Manado Andrew Alexander Pattymahu

TRIBUNMANADO.CO.ID,AMURANG- Renly Liow, Kepala Balai Penyuluhan Pertanian Modoinding merasa bersyukur karena Bupati Doktor (HC) Christiany Eugenia Paruntu menghadirkan program untuk meningkatkan kesejahteraan petani di daerah yang terkenal dengan sentra sayur.

Pemkab Minahasa Selatan dengan investor PT Citra Gemini Mulia memberikan bantuan bibit bawang putih siap tanam sebanyak 500 kilogram per hektar. Ini ditambah dengan bantuan dana sebesar Rp 16 juta rupiah bagi setiap petani.

"Untuk biaya pengolahan diberi dua tahap yaitu tahap pertama setelah benih ditanam, tahap kedua jika tanaman siap di panen. Program ini merupakan kerja sama antara Pemkab Minahasa selatan dengan PT Citra Gemini Mulia yang mana MoU-nya telah ditandatangani oleh Kepala Dinas Pertanian Minsel Ir Frans Tilaar disaksikan oleh Bupati Minsel Eugenia Paruntu dan Direktur Sayuran Kementerian Pertanian," kata dia, Rabu (23/7/2018).

Dalam penaman atau teknis budidaya pihak investor juga menyiapkan tenaga teknis dari Cina. Benih yang digunakan adalah benih yang dihibahkan langsung dari Cina.

Jika tanaman sudah dipanen, hasilnya 70 persen keuntungan untuk petani dan 30 persen keuntungan untuk Investor.

Untuk mendukung program ini atas petunjuk Bupati Minsel menginstruksikan semua alat mesin pertanian berupa traktor roda empat dikerahkan semuanya ke Modoinding.

"Saat ini ada 17 unit traktor yang berpacu untuk memenuhi target luas tanam 400 Ha.
Selain itu seluruh Penyuluh Kecamatan Modoinding sangat siap untuk mendukung program yang sangat membantu petani di Modoinding asalkan ada lahan," kata mantan aktivis GMKI ini.

Dalam acara pencanangan oenaman bawang putih dihadiri oleh Dirjen Hortikultura Kementan Dr Ir Suwandi, MSc, investor Pieko Njotosetiadi selaku Direktur PT Citra Gemini Mulia yang juga adalah Ketua Asosiasi Pengusaha Bawang Putih indonesia.

Kadis Pertanian Minsel dan segenap jajaran Pemkab Minsel, seluruh penyuluh pertanian Minsel, Camat Modoinding, semua hukum tua se-kecamatan Modoinding, sluruh anggota kelompok tani yang ada di Modoinding.

Penulis: Andrew_Pattymahu
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help