Ini Fakta di Balik Gaji Guru Honorer di Minahasa

Hal ini dikatakan Penjabat Bupati Royke Mewoh melalui Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Minahasa Dr Arody A Tangkere.

Ini Fakta di Balik Gaji Guru Honorer di Minahasa
TRIBUN MANADO/FERDINAND RANTI
Arody A Tangkere 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Terkait gaji Guru Tidak Tetap (GTT) atau guru honor sebanyak 1.600 orang di Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, ternyata pembayarannya tidak setiap bulan dilakukan.

Tapi dalam satu tahun dibayarkan dua kali atau per semester.

Hal ini dikatakan Penjabat Bupati Royke Mewoh melalui Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Minahasa Dr Arody A Tangkere.

Dikatakan Kadis Tangkere, untuk pembayaran gaji honor di Minahasa sebanyak 1.600 guru ini, telah dianggarkan dalam APBD 2018.

Dan dibayarkan 2 kali dalam setahun, artinya setiap enam bulan gaji mereka di salurkan.

"Pembayarannya diprogramkan oleh pemerintah ke dalam APBD sebanyak Rp 1,6 miliar rupiah dan setahun itu, ada dua kali pembayaran atau per semester gaji guru honorer tersebut disalurkan. Memang gaji mereka tidak banyak, namun sudah tertata di APBD. Semoga kinerja mereka ada peningkatan, supaya di tahun-tahun akan datang bisa kami usulkan kenaikan dalam APBD," ujar Tangkere.

Sementara itu, Kapala Badan Pengolala Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Rianny Suwarno mengatakan, bahwa terkait gaji GTT tersebut akan dibayarkan tapi harus ada permintaan terlebih dahulu dari Disdik.

"Untuk gaji GTT dibayarkan per semester dan sekarang ini kami menunggu permintaan dari Dinas Pendidikan. Bilamana sudah ada permintaan pembayaran gaji guru honor tersebut, maka kami akan proses berkas mereka," kata dia.(Tribunmanado.co.id/Ferdinand Ranti)

Penulis: Ferdinand_Ranti
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help