Manado Siap Gelar Kampanye Imunisasi Measles dan Rubella

Pemerintah Kota Manado, Sulawesi Utara, siap melakukan kampanye imunisasi Measles dan Rubella (MR) Agustus hingga September mendatang.

Manado Siap Gelar Kampanye Imunisasi Measles dan Rubella
TRIBUN MANADO/FINNEKE WOLAJAN
Presentasi saat persiapan kampanye MR oleh Dinkes Sulut beberapa waktu lalu 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pemerintah Kota Manado, Sulawesi Utara, siap melakukan kampanye imunisasi Measles dan Rubella (MR) Agustus hingga September mendatang.

Dinas Kesehatan tak mengalami kendala berarti.

"Persiapan sudah. Tinggal pelaksanaan nanti. Begitu pula di daerah-daerah kepulauan, aman. Karena kami punya anggaran untuk itu," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan kota Manado Dokter Joy Zeekeon, Kamis (19/07/2018).

Populasi target imunisasi MR di Kota Manado tahun 2018 ini, sesuai data di lapangan yakni 103.616 sementara sesuai data dari Kemenkes, Manado hanya mendapat jatah 94.929.

Namun Dinas Kesehatan Sulut tengah mengomunikasikan dengan pemerintah pusat.

Indonesia menjadi prioritas global untuk mencapai eliminasi campak dan rubella.

Sehingga penting bagi pemerintah untuk melakukan kampanye imunisasi measles dan rubella pada Agustus hingga September 2018 ini.

Kampanye campak dan rubella ini bertujuan untuk meningkatkan kekebalan masyarakat terbaik penyakit campak dan rubella secara cepat.

Memutuskan transmisi virus campak dan rubella pada masyarakat, menurunkan angka kesakitan campak dan rubella, menurunkan angka kesakitan CRS serta meningkatkan pentingnya imunisasi rutin.

Dalam kampanye ini, pemerintah juga akan meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya imunisasi dasar pada bayi.

Imunisasi dasar tersebut yakni satu dosis hepatitis B, satu dosis BCG, empat dosis polio oral, tiga dosis, DPT/HB/Hib dan satu dosis campak.

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Alexander Pattyranie
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved