Pedaftaran CPNS 2018 - Mau Lulus Tes SKD & SKB? Pelajari Hal Mudah Ini

Badan Kepegawaian Negara (BKN) sudah menyatakan penerimaan CPNS 2018 dilaksanakan mulai akhir Juli 2018 ini, pelajari tipsnya mudah lulus tes

Pedaftaran CPNS 2018 - Mau Lulus Tes SKD & SKB? Pelajari Hal Mudah Ini
Internet
Ilustrasi tes CPNS 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Jadwal pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 belum dipastikan.

Namun pemerintah lewat Badan Kepegawaian Negara (BKN) sudah menyatakan penerimaan CPNS 2018 dilaksanakan mulai akhir Juli 2018 ini.

Pada tes CPNS nanti, semua tes akan dilakukan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) di portal BKN. Peserta tidak perlu menjawab di kertas dan menghitamkan jawaban lagi. Hasil dari tes CAT pun dapat dilihat oleh peserta setelah mengerjakan soal.

Tes berbasis CAT tersebut meliputi seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB).

Menurut Bima Haria, ketua BKN pada artikel terbitan 2017, peserta CPNS perlu lebih mempelajari yang berkaitan dengan sejarah bangsa Indonesia atau yang dikenal dengan Tes Wawasan Kebangsaan.

Bima menegaskan, tes wawasan kebangsaan menjadi hal penting bagi seleksi penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS), sebab, PNS merupakan abdi negara yang harus dan perlu mengatahui sejarah Indonesia.

"Masa iya sih orang Indonesia yang kayak gitu (enggak paham sejarah) apalagi dia jadi PNS yang kerjanya adalah untuk mengurusi orang," ungkapnya.

Dari pengamatan BKN, katanya, sejak seleksi penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) terakhir pada tahun 2014, banyak para peserta CPNS gagal melewati ujian tes wawasan kebangsaan.

"Di 2014 itu yang gugur banyak adalah di tes wawasan kebangsaan. Sekarang ini rasanya ada sedikit perubahan, saya belum bisa menyampaikan secara detail karena kan ini baru dua Kementerian jadi belum," jelasnya

Menurutnya, untuk bisa melalui tahapan tes tersebut, ada cara yang bisa ditempuh bagi para peserta CPNS.

Halaman
1234
Editor: Ferra Faradila Rizki Sahibondang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help