News Analysis

Pembangunan Fisik dan Non Fisik Berimbang

Dari berbagai aspek, kehidupan di Kota Manado sudah lebih baik dari waktu-waktu sebelumnya.

Pembangunan Fisik dan Non Fisik Berimbang
Ist
Charles Tangkau 

Laporan Wartawan Tribun Manado, Finneke Wolajan

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Kota Manado saat ini sudah banyak perubahan ke arah yang lebih baik. Dari berbagai aspek, kehidupan di Kota Manado sudah lebih baik dari waktu-waktu sebelumnya.

"Banyak infrastuktur yang telah dibangun. Fasilitas publik sudah banyak diperbaiki. Terutama kesejahteraan masyarakat," ujar pengamat politik dan pembangunan Sulawesi Utara, Charles Tangkau, Jumat (13/7).

Indikasi peningkatan tersebut menurut dosen Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Manado ini terlihat dari pendidikan, lapangan pekerjaan, daya beli masyarakat, juga kendaraan di jalan yang makin banyak.

Meski begitu, Tangkau mengkritisi beberapa hal. Yakni pembangunan yang harus terencana dan berkesinambungan. Dalam hal ini, pemerintah kota harus punya master plan yang kemudian sama-sama disetujui untuk dilaksanakan.

"Jangan ganti pemimpin, program lama ditinggalkan. Terkesan hanya lima tahun pembangunan, di satu periode. Sepuluh tahun kalau memang menjabat selama dua periode," ujarnya.

Perencanaan yang lemah akan berdampak pada berkesinambungan, harus ke arah yang lebih baik. Meski menurut Tangkau saat ini memang sudah lebih baik. "Alangkah baiknya jika terencana dan tentu koordinasi yang baik antar instansi, agar tak ada program yang tumpang tindih," ujarnya.

Selain pembangunan fisik, Pemkot Manado juga harus memerhatikan pembangunan non fisik. Laju pertumbuhan infrastruktur Kota Manado harus seiring dengan pembangunan sumber daya manusia.

"SDM yang baik akan menunjang pembangunan sebuah kota. Pendidikan yang berkualitas juga harus dibarengi dengan etika moral generasi muda, maupun masyarakat," jelasnya.

Penulis: Finneke_Wolajan
Editor: Siti Nurjanah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help