Hingga Hari Kesebelas Belum Ada Satupun Parpol yang Mendaftar di KPU Sitaro

Belum ada satu parpol pun yang secara resmi mendaftarkan nama-nama calon anggota DPRD hingga hari kesebelas pendaftaran calon anggota legislatif

Hingga Hari Kesebelas Belum Ada Satupun Parpol yang Mendaftar di KPU Sitaro
TRIBUNMANADO/JHONLY KALETUANG
Suasana pendaftaran di KPU Sitaro, Sabtu (14/07/2018) 

Laporan Wartawan Tribun Manado, Jhonly Kaletuang

TRIBUNMANADO.CO.ID, SIAU - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Sitaro, Stephen Londok mengatakan, belum ada satu parpol pun yang secara resmi mendaftarkan nama-nama calon anggota DPRD hingga hari kesebelas pendaftaran calon anggota legislatif (caleg).

"Hingga saat ini sudah hari kesebelas pendaftaran caleg, artinya sudah tidak lama lagi tutup pendaftaran, dan belum ada satu parpol pun yang mengajukan daftar caleg ke kami," ungkap londok, Sabtu (14/7).

Olehnya dia mengingatkan parpol agar segera mendaftarkan caleg masing-masing. Dengan begitu, jika ada dokumen atau persyaratan calon yang belum lengkap, masih ada waktu untuk melakukan perbaikan. Jangan sampai nanti mendaftar sudah masuk pada waktu penutupan, lantas ada berkas yang kurang, bisa tidak masuk.

"Memang waktu pendaftaran caleg periode kemarin, sebagian besar nanti mendaftar sudah pada akhir penutupan," tambah londok.

Sebagaimana diketahui, pendaftaran caleg DPRD kabupaten atau kota telah dibuka sejak Rabu (4/7) lalu. Pendaftaran dibuka hingga Selasa (17/7) pekan depan.

Nampak, buku registrasi yang berada di meja masuk kantor KPU masih kosong, tidak ada partai yang mendaftarkan calonya.

Terpisah, Komisioner KPU, Mirwan Noe mengatakan, sebaiknya parpol segera mendaftarkan calonnya. Karena menurutnya, saat mendaftar, parpol membawa semua berkas dokumen syarat pencalonan. Setelah itu, KPU akan meneliti apakah berkas-berkas tersebut sudah lengkap atau belum.

"Untuk melakukan itu kan KPU dan parpol saling mencocokkan yang mana saja dokumennya. Dimulai dari dapil mana, berapa usulan caleg, apakah keterwakilan 30 persen perempuan sudah terpenuhi atau belum, semua akan diperiksa satu demi satu dan itu membutuhkan waktu," kata Noe, menjelaskan.

Sementara lanjut dia, jika parpol datang mendaftar di jam-jam terakhir sebelum penutupan, kemudian ada dokumen yang tidak lengkap maka akan merepotkan.

"Kalau mereka bisa melengkapi maka tidak menjadi masalah, tetapi kalau tidak bisa melengkapi tentu akan merugikan parpol," kuncinya.

Tags
KPU Sitaro
Penulis: Jhonly Kaletuang
Editor: Siti Nurjanah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help