Wali Kota Bitung Menerima Investment Award dari Badan Koordinasi Penanaman Modal RI

Kota Bitung semakin dikenal pada skala nasional, karena beberapa kali mendapat penghargaan karena prestasi yang dibuat

Wali Kota Bitung Menerima Investment Award dari Badan Koordinasi Penanaman Modal RI
istimewa
Maximiliaan Lomban Wali Kota Bitung menerima Investment Award dari Badan Koordinasi Penanaman Modal RI 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG - Kota Bitung semakin dikenal pada skala nasional, karena beberapa kali mendapat penghargaan karena prestasi yang dibuat.

Satu di antaranya adalah penghargaan Investment Award yang baru saja diterima oleh Maximiliaan Lomban Wali Kota Bitung dari Badan Koordinasi Penanaman Modal RI, di BKPM RI, Jakarta, Kamis (12/7).

Bitung menerima penghargaan sebagai 10 PTSP terbaik se Indonesia yang memiliki standar pelayanan yang lebih baik pada investor di Indonesia.

Ada 565 PTSP se-Indonesia yang disurvei dan ada 10 PTSP terbaik tingkat Provinsi, 20 PTSP terbaik tingkat Kabupaten, dan 10 PTSP terbaik tingkat Kota/KEK/KPBPB.

Baca: Puluhan Karyawan PT Delta Pasific Indotuna Bitung Demonstrasi, Minta Perusahaan Aktif Kembali

Hasil pencarian diperoleh melalui proses
seleksi tahapan uji pemaparan terhadap 40 nominasi penyelenggara PTSP, tim penilai menetapkan DPMPTSP Bitung menjadi satu-satunya perwakilan di Indonesia Timur untuk kategori 10 PTSP terbaik tingkat Kota/KEK/KPBPB bersama dengan 9 Kota lainnya yaitu Bekasi, Batam, Kediri, Medan, Palembang, Payakumbuh, Pekanbaru, Semarang dan Surakarta.

Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban melalui Kepala DPMPTSP Andrias Tirayoh saat menerima penghargaan, mengatakan penghargaan ini adalah wujud dari komitmen Pemerintah Kota Bitung untuk mendorong peningkatan kualitas layanan perizinan, non-perizinan serta penanaman modal daerah kepada masyarakat dan investor yang sejalan dengan amanat pemerintah melalui Peraturan Presiden Nomor 91 Tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha.

Kepala BKPM RI Thomas Trikasih Lembong mengucapkan selamat bekerja kepada 40 PTSP daerah terbaik.

"Semoga penghargaan ini dapat mendorong peningkatan pelayanan PTSP di daerah, serta memotivasi PTSP lainnya di seluruh Indonesia untuk memperbaiki layanan perizinan dan non perizinan yang semuanya bermuara pada satu tujuan untuk meningkatkan ekonomi daerah, membuka lowongan pekerjaan dan meningkatkan daya saing," jelas dia.

Dalam melakukan penilaian dan pemeringkatan, BKPM bekerjasama dengan Kementerian atau Lembaga Non Kementerian lainnya yaitu Kemenko Perekonomian, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PAN-RB, Setwapres, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Keuangan, Kementerian PPN/Bappenas, BPKP dan KPPOD.

Kegiatan kualifikasi pemeringkatan PTSP dilakukan untuk memotret kondisi faktual PTSP daerah, mengukur penyelenggara perizinan dan non perizinan penanaman modal daerah untuk melakukan peningkatan pelayanan publik, melihat kesiapan PTSP daerah menyongsong pelayanan perizinan terintegrasi secara elektronik (OSS) dan mengetahui kondisi Satgas pelaksanaan percepatan berusaha di daerah.

"Kegiatan ini dilakukan melalui proses survei dilapangan oleh BKPM bekerja sama dengan PT Surveyor Indonesia," jelas dia. (amg)

Penulis: Alpen_Martinus
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help