Penting Edukasi Organ Tubuh Bagi Anak

Maraknya kejahatan seksual terhadap anak yang melibatkan anak di dalamnya baik sebagai pelaku ataupun korban

Penting Edukasi Organ Tubuh Bagi Anak
IST
Pingkan Tangkudung. 

TRIBUN MANADO.CO.ID - Maraknya kejahatan seksual terhadap anak yang melibatkan anak di dalamnya baik sebagai pelaku ataupun korban mengundang keprihatinan banyak orang.

Salah satu diantaranya yakni Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Sulawesi Utara (Sulut) yang juga mengajar Etika Filsafat, Sosiologi dan Psikologi, Pingkan Tangkudung.

"Problematika seperti ini memang bisa terjadi kepada siapapun. Sehingga saya pikir orang tua harus lebih memperhatikan anak-anak nya. Apalagi jika anak tersebut berada dalam fase menuju keremajaan," ucapnya kepada Tribun Manado, Rabu (11/07/2018).

Kejahatan seksual itu bisa menimpa siapa saja, dan bisa dilakukan siapa saja.

"Selaku orangtua, usahakan anak tidak pernah ada teman baik di rumah maupun di luar rumah apalagi jika orang tersebut bukan orang yang dapat dipercaya," ujarnya.

Kata Tangkudung, orangtua juga perlu memberikan edukasi terhadap anak terkait organ tubuh anak yang tidak boleh di sentuh oleh orang lain.

"Nah untuk di lingkungan sekolah, sesama guru harusnya saling menunjang dan mengawasi proses belajar anak. Usahakan punya kelompok bermain apalagi jika sekolah itu sekolah bonafid, kiranya anak-anak mendapat fasilitas bermain. Dan jangan biarkan anak-anak menyendiri. Hal semacam ini bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab," jelasnya.

Terhadap anak yang mungkin sudah menjadi korban kekerasan seksual, Tangkudung berharap orangtua bisa menghambil peran positif.

"Jika hal ini sudah sampai terjadi. Saya kira, orangtua harus memberi perhatian lebih, dan menumbuhkan percaya diri anak kembali. Jangan rendahkan anak itu, agar nanti anak itu tak direndahkan orang lain," harapannya.

Selain menumbuhkan rasa percaya diri anak, orangtua perlu mengajak anak untuk melakukan aktivitas sosial positif lainnya.

"Rangkul mereka, jangan tinggalkan anak-anak itu. Kemudian tumbuhkan juga sikap kemandirian supaya mereka tidak direndahkan orang lain dengan membekali diri mereka dengan ketrampilan," pungkasnya. (Tribun Manado/Indri Panigoro)

Penulis: Indry Panigoro
Editor: Arthur_Rompis
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help