Ivanry Siapkan Rekening untuk Tabungan Masa Depan

Selain itu, dengan menabung akan menjadi pribadi bijak mengelola dan merencanakan keuangan.

Ivanry Siapkan Rekening untuk Tabungan Masa Depan
Net
bank sulutgo 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO-Kebiasaan menabung harus dibiasakan sejak kecil. Hal ini karena memiliki banyak manfaatnya, Rabu (11/07/2018).Seperti dikatakan Wakil Ketua Umum Bidang UMKM dan Koperasi Kamar Dagang Industri (Kadin) Sulawesi Utara Ivanry Matu menyiapkan satu rekening khusus untuk tabungan masa depan. 

"Rekening itu tanpa ATM, Jadi itu sebagai uang cadangan yang disisihkan dari setiap pendapatan. Selain itu, harus dipisahkan antara tabungan usaha dan pribadi," katanya.

Untuk menyiapkan tabungan tersebut harus komitmen dalam jangka waktu tertentu tidak menggunakan uang tabungan tersebut.

Tabungan tersebut baru akan digunakan untuk sesuatu hal yang mendesak atau sesuatu yang telah direncanakan.
Dia mencontohkan jika punya rencana beli barang tertentu atau pelesir bersama keluarga bisa diambil dari rekening tabungan tersebut tanpa mengganggu tabungan yang lain.

Menurut Ivanry bagi seorang pengusaha atau wirausaha idealnya menabung dari profit bukan dari omset. Untuk persentasinya tergantung masing-masing pribadi. Namun intinya untuk menabung, hasil omset dikurangi pengeluaran akan dapat profit bersih. “Dari situ menabunglah dari sisa profit setelah dikeluarkan biaya pengeluaran pribadi atau keluarga,” ungkapnya.

Baginya menabung itu perlu, meskipun secara hitung-hitungan bunganya sangat kecil, tetapi tujuan menabung adalah bagian dari perencanaan keuangan masa depan, termasuk untuk mengembangkan bisnis bisa melalui tabungan.
Memang pada praktiknya awalnya sedikit sulit, tapi kalau sudah jalan semakin mengasyikkan.

Selain itu, dengan menabung akan menjadi pribadi bijak mengelola dan merencanakan keuangan.

Hal sama juga diungkapkan Pdt Lientje MH Mamahit, Pemilik usaha minuman herbal Eufrano yang juga menyediakan satu rekening untuk menjadi simpanan, untuk kebutuhan memperluas usaha maupun yang lainnya.
“Saya ada satu rekening, yang tidak pernah diambil uangnya. Hanya kondisi tertentu saja, baru dimanfaatkannya,” tuturya.

Rekening tersebut merupakan sebagai tempat satu di antara supermarket di Manado melakukan pembayaran, jika produknya terjual. “Biasanya kalau produk saya terjual, pihak supermarket langsung mentranfer pembayaran ke rekening itu. Tapi tidak pernah saya ambil uangnya,” katanya.

Sedangkan untuk produksi produk dan biaya kehidupan sehari-hari, biasanya menggunakan uang yang ada di rekening lain. Dengan demikian uang tabungannya tidak pernah diambil. Tabungannya akan diambil uangnya jika ada keperluan yang mendesak atau untuk pengembangan usaha.

Halaman
123
Penulis: Herviansyah
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help