Ini Dampak Penggunaan Surat Keterangan Tidak Mampu Palsu

Seharusnya pengumuman dilaksanakan Rabu (11/7/2018) kemarin, namun ditunda menjadi hari ini, Kamis (12/7/2018).

Ini Dampak Penggunaan Surat Keterangan Tidak Mampu Palsu
Dok. Instagram Ganjar_Pranowo
Surat keterangan tidak mampu (SKTM) kembali menjadi polemik saat pendaftaran peserta didik baru (PPDB) online untuk Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) di Jawa Tengah. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pengumuman hasil Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di seluruh SMA/SMK di Kota dan Kabupaten Magelang terpaksa ditunda setelah instruksi Gubernur Jawa Tengah yang mengharuskan adanya verifikasi ulang calon siswa baru pengguna surat keterangan tidak mampu (SKTM).

Seharusnya pengumuman dilaksanakan Rabu (11/7/2018) kemarin, namun ditunda menjadi hari ini, Kamis (12/7/2018).

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kota Magelang, Sucahyo Wibowo, menjelaskan, hari ini seluruh sekolah bisa mengumumkan hasil PPDB, mulai pukul 10.00 WIB, di sekolah masing-masing

Dijelaskan, di Kota Magelang tercatat ada 305 dari 1.443 calon siswa baru SMA/SMK negeri yang melampirkan SKTM. Jumlah tersebut telah diverifikasi ulang dan dilaporkan ke Provinsi Jawa Tengah.

“Terkait dengan apakah ada penggunaan SKTM yang tidak sesuai, nanti dari provinsi yang akan menyampaikan,” ujarnya.

Diungkapkan, hasil data verifikasi per 9 Juli 2018 lalu tercatat ada 8 calon siswa pengguna SKTM yang didiskualifikasi karena tidak sesuai penggunaannya.

Secara terpisah, Kepala SMA Negeri 3 Kota Magelang, Joko Tri Haryanto mengakui ada calon siswa baru di sekolahnya yang mendaftar dengan melampirkan menggunakan SKTM. Beberapa di antaranya mengakui bahwa SKTM yang dilampirkan tersebut palsu atau tidak sesuai kenyataan.

"Ada 2 sampai 3 calon siswa yang diduga melampirkan SKTM palsu, namun setelah kami wawancara mendalam, mereka langsung mencabut lampiran SKTM-nya dan mendaftar tanpa SKTM," ungkapnya. (*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Imbas SKTM Palsu, Pengumuman PPDB Ditunda

Tags
SKTM
Editor: Charles_Komaling
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help