Inggris Kalah dari Kroasia Karena Minus 'Jenderal' Seperti Modric dan Bergantung Bola Mati

Ketiadaan gelandang tengah mumpuni itu membuat Harry Kane dan Raheem Sterling tak bisa berbuat banyak karena tak mendapat suplai bola signifikan.

Inggris Kalah dari Kroasia Karena Minus 'Jenderal' Seperti Modric dan Bergantung Bola Mati
REUTERS/Carl Recine
DUEL KAPTEN - Kapten Kroasia, Luca Modric dikawal Kapten Inggris, Jordan Henderson dalam laga semifinal Piala Dunia 2018, Kamis (12/7) dinihari WIT. Laga itu dimenangkan Kroasia 2-1. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Kegagalan Inggris melaju ke final Piala Dunia 2018 dipicu oleh ketiadaan pemain yang bisa memegang bola dan mengendalikan permainan bak Luka Modric di timnas Kroasia. Selain itu, ada ketergantungan pada bola mati dalam mencari gol.

The Three Lions sendiri dikalahkan oleh Kroasia 1-2 di babak semifinal Piala Dunia 2018, di Stadion Luzhniki, Kamis (12/7). Inggris sempat memimpin lewat gol tendangan bebas Kieran Trippier pada menit ke-5.

Ivan Perisic kemudian menyamakan kedudukan di menit 68. Mario Mandzukic memastikan keunggulan tim berjuluk Vatreni itu di menit 109.

Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate menjelaskan bahwa timnya punya masalah di babak kedua. Terutama, dalam hal ketenangan saat memegang bola.

"Kami kurang tenang saat memegang bola di babak kedua, dan mungkin itu konsekuensi memimpin dengan tim yang yang pengalamannya paling sedikit," ucapnya, dikutip dari ESPN.

Mimpi Inggris untuk tampil di final digagalkan Kroasia.
Mimpi Inggris untuk tampil di final digagalkan Kroasia. (REUTERS/Grigory Dukor)

Dikutip dari data Whoscored, Inggris tercatat memiliki penguasaan bola tak kalah jauh dari Kroasia. Yakni, 44,7 persen berbanding 55,3 persen.

Namun, berdasarkan gambaran heatmap, pemain Inggris lebih banyak bergerak di area sendiri. Pergerakan di area lawan banyak dilakukan di daerah operasi Trippier di sayap kanan.

Sementara, Kroasia lebih banyak memainkan bola di area Inggris, terutama di sektor sayap yang ditempati Ivan Perisic dan Ante Rebic.

Inggris pun hanya memiliki 2 shots on target dan 6 tendangan melebar, sementara Kroasia punya 7 tendangan tepat sasaran dan 11 sepakan melenceng.

Inferioritas Inggris dari Kroasia juga tampak dari perbedaan sentuhan, umpan, dan penguasaan bola para gelandang tengahnya.

Dua fan wanita Inggris terpukul melihat Inggris dikalahkan Kroasia di semifinal piala dunia 2018.
Dua fan wanita Inggris terpukul melihat Inggris dikalahkan Kroasia di semifinal piala dunia 2018. (REUTERS/Simon Dawson)
Halaman
123
Editor: Fernando_Lumowa
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help