Irjen Waskito Bersyukur Sulut Aman: Tingkat Kepuasan Masyarakat Capai 82,9 Persen

Indonesia masuk 10 negara teraman di dunia versi lembaga riset internasional Gallup's Law and Order 2018.

Irjen Waskito Bersyukur Sulut Aman: Tingkat Kepuasan Masyarakat Capai 82,9 Persen
istimewa
Kapolda Ziarah ke TMP kairagi 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Indonesia masuk 10 negara teraman di dunia versi lembaga riset internasional Gallup's Law and Order 2018. Indonesia menempati urutan ke-9 dengan skor 89, satu tingkat di bawah Kanada (90) dan setingkat di atas Denmark (88).

Prestasi nasional itu didukung keamanan di daerah termasuk Sulawesi Utara. Teranyar, saat pesta demokrasi, Pilkada Serentak 2018 di antaranya enam kabupaten dan kota di Nyiur Melambai.

Pilkada di Kabupaten Minahasa, Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Talaud, Minahasa Tenggara, Bolaang Mongondow Utara dan Kota Kotamobagu berjalan aman, lancar dan kondusif.

"Hal tersebut merupakan andil besar dari aparat keamanan, yakni Polri dan TNI. Yang bersinergi dengan pemerintah daerah dibantu oleh seluruh stake holder dan seluruh lapisan masyarakat dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban di Sulut tetap aman dan kondusif," ujar Kapolda Sulut, Irjen Bambang Waskito.

Bahkan, Kapolda Waskito selaku penanggung jawab keamanan di Sulut mengerahkan hampir seluruh pasukan di daerah penyelenggara pilkada.

Hasilnya, Sulut tetap aman menjelang maupun sesudah hari pemungutan suara.

Secara nasional, Litbang Kompas pada 3 Juli 2018, di hadapan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, memaparkan hasil survei tingkat kepuasan masyarakat terhadap institusi Polri.

Hasilnya tingkat kepuasan masyarakat terhadap Polri meningkat dari tahun 2014 yang hanya 46,7 persen, di tahun 2018 mencapai 82,9 persen. Berbagai langkah yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan memberikan rasa aman bagi masyarakat berdampak positif terhadap citra kepolisian. "Di Polda Sulut, upaya-upaya perbaikan dan peningkatan pelayanan terus dilakukan," ujar Kapolda.

Untuk pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Polda Sulut melalui Polres Minahasa Utara di bawah kepemimpinan Kapolres AKBP Alfaris Pattiwael sukses mengukir prestasi di akhir tahun 2017. Kapolres Alfaris meraih peringkat ke-4 nasional dalam kategori On The Spot (OTS) Pelayanan SKCK.

"Begitupun halnya dengan program Kapolri di bidang quick wins, pelaksanaan seluruh program mulai dari program 1 sampai 8. Polda Sulut dinyatakan sebagai yang terbaik mengalahkan seluruh polda lain di Indonesia. Bahkan hingga triwulan pertama di tahun 2018 (B03), Polda Sulut masih menduduki rangking satu," ujar Kapolda.

Halaman
1234
Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: Lodie_Tombeg
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help