Inilah Detik-detik Penyelamatan 12 Bocah Yang Terjebak Banjir dalam Gua

Proses penyelamatan sudah berlangsung sejak akhir Juni lalu dan tim penyelamat berpacu dengan waktu

Inilah Detik-detik Penyelamatan 12 Bocah Yang Terjebak Banjir dalam Gua
ist
Ilustrasi Proses Evakuasi 12 Bocah yang terjebak banjir dalam gua 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Saat ini, dari 12 anak-anak korban terjebak banjir dalam gua Tham Luang, Thailand Utara, sudah 8 orang berhasil di evakuasi. Tinggal empat remaja dan seorang dewasa masih berada di dalam gua.

Proses penyelamatan sudah berlangsung sejak akhir Juni lalu dan tim penyelamat berpacu dengan waktu karena hujan bakal terus mengguyur sepanjang musim muson di bulan Juli.

Seperti dilansir CNN Indonesia, insiden ini berawal pada Sabtu, 23 Juni 2018, Para remaja usia 11-16 tahun bersama pelatih mereka yang berusia 25 tahun masuk ke Gua Tham Luang setelah latihan sepak bola, saat itu hujan lebat.

Selanjutnya mereka dilaporkan hilang. Warga setempat menemukan sepeda-sepeda yang dirantai di pagar bersama sepatu sepak bola dekat pintu masuk Gua Tham Luang.

Berikut kronologi mulai hilangnya para bocah hingga akhirnya bisa dievakuasi:

Pada Minggu, 24 Juni 2018, ditemukan jejak kaki dan tangan yang diyakini berasal dari para remaja yang hilang ditemukan di dalam gua. Para kerabat mulai berkumpul di luar gua.

Penyelamat Angkatan Laut Thailand pada Senin, 25 Juni 2018, masuk ke gua untuk mencari para remaja, hujan lebat masih terus turun.

Baru hari Selasa, 26 Juni 2018 para penyelamat mencapai persimpangan berbentuk T, beberapa kilometer di dalam gua, namun terpaksa kembali karena air membanjiri celah dekat kantung udara yang disebut 'Pantai Pattaya' dimana para bocah diyakini berada.

Pada Rabu, 27 Juni 2018, Satu tim terdiri atas 30 personel militer AS dari US Pasific Command tiba. Tiga pakar penyelam asal Inggris ikut bergabung namun segera kembali karena menghadapi banjir yang meninggi di gua.

Upaya penyelamatan dihentikan Thailand karena hujan lebat menimbulkan aliran banjir ke dalam gua. Pompa air dikirim untuk mengeringkan gua.

Halaman
12
Tags
Thailand
Editor: Charles_Komaling
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help