Bertatus Eks Napi Korupsi, Mantan Ketua DPRD Sulut ini Daftar ke KPU, Optimis Lolos Calon Senator

Ditemui tribunmanado.co.id, di sela pendaftaran, Yal tak membantah berstatus sebagai mantan narapidana korupsi kasus MBH Gate.

Bertatus Eks Napi  Korupsi, Mantan Ketua DPRD Sulut ini Daftar ke KPU, Optimis Lolos Calon Senator
Tribun manado / Ryo Noor
Syahrial Damopolii 

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU - Syahrial Damapolii, mantan Ketua DPRD Sulut bersikukuh maju di pemilihan Anggota DPD RI meski menyemat status mantan narapidana kasus korupsi.

Yal sapaan akrab Syahrial mendaftarkan diri sebagai bakal calon Anggota DPD di kantor KPU Sulut, Selasa (10/7/2018).

Ditemui tribunmanado.co.id, di sela pendaftaran, Yal tak membantah berstatus sebagai mantan narapidana korupsi kasus MBH Gate.

Ia menjalani hukuman penjara 2 tahun dari putusan MA penjara 3 tahun.

Ia tahu bahwa ada aturan menyangkut eks napi kasus korupsi yang bisa jadi pengganjal pencalonannya, tapi Ia tetap berkeyakinan lolos

"Narapidana itupun ada klasifikasinya, sesuai aturan PKPU yang ada pasal-pasal yang mengatakan, apabila tuntutan Kejaksaan itu 5 tahun ke atas itu tidak boleh, kalau saya tuntutan Kejaksaan itu 2 tahun, di situ saja udah kelihatan beda dan saya juga sudah menjalani putusan pengadilan," kata Syahrial.

Baca: Inilah Target Partai Gerindra dan PDIP Pada Pemilihan Umum Legislatif 2019 di Sangihe

Ia juga sudah mematuhi aturan untuk mempublikasikan kepada masyarakat pernah dipidana

"Saya sudah lakukan melalui berita koran-koran ketika saya keluar dari tahanan, saya langsung pernyataan minta maaf kepada rakyat Sulawesi Utara, itu saya lakukan, dan pimpinan harian juga sudah memberikan keterangan bahwa sudah dilakukan itu," ungkap dia.

Atas dasar itu, ia yakin lolos verifikasi.

"Saya optimis, apalagi saya dapat dukungan dari rakyat Bolmong," ujar dia.

Yal termasuk calon yang mulus proses pencalonan di DPD.

Ia berhasil mengumpulkan 2.300 dukungan KTP, dari minimal dukungan 2.000, setelah diverifikasi faktual, Yal merupakan satu di antara 6 calon yang lolos.

"Memang kita berusaha supaya lolos dan ternyata harapan kita itu terwujud, ketika verifikasi faktual beberapa waktu yang lalu tidak ada masalah E-KTP kita, sebagaimana yang dipersyaratkan 2.000 kita punya 2.378 yang bersih, ya jadi kami memang mempersiapkan diri sebaik-baiknya," kata Yal.

Untuk berkas pendaftaran, Yal mengaku tak ada masalah, semua bisa ia penuhi.

"Aturan PKPU tentang pencalonan Dewan Perwakilan Daerah atau senator kami pelajari semuanya,sebagai mantan narapidana jika aturan tidak membolehkan kami akan tunduk, nah sore hari ini, apa yang kamu ketahui sesuai aturan PKPU yang ada ternyata kami masih boleh. Oleh karena itu kami mengurus berkas dan hari ini sedang menunggu giliran mendaftar," kata dia.

Saat mengurus berkas ke pengadilan ia juga tak menemui masalah. (ryo)

Penulis: Ryo_Noor
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help